Sabtu, 28 Maret 2020 22:46

Perlunya Revitalisasi Terminal, Tidak Hanya Sebagai Tempat Transit

Jumat, 22 November 2019 13:55 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Perlunya Revitalisasi Terminal, Tidak Hanya Sebagai Tempat Transit
Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Satib (kanan) saat melakukan sidak ke Terminal di Kecamatan Arjasa, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pembenahan stasiun ataupun bandara sebagai tempat untuk transit angkutan umum masyarakat perlu ditiru juga oleh terminal. Pasalnya, terminal nantinya tidak hanya sekadar sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang.

Hal itulah yang menjadi sorotan dari Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Satib saat melakukan sidak ke Terminal di Kecamatan Arjasa, Jember, dan Terminal di Bondowoso, Jumat (22/11).

Menurut legislator dari Gerindra ini, terminal perlu direvitalisasi. “Jadi sudah harus ada pergeseran mindset fungsi dari terminal itu sendiri, yang selama ini hanya dianggap sebagai tempat kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Ke depan, fungsi terminal harus lebih dari itu,” kata Satib saat, Jumat (22/11/2019).

Menurut Satib, selain sebagai tempat transit, terminal juga bisa berfungsi sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan. Sehingga penumpang atau calon penumpang, dapat menikmati ketika berada di terminal.

“Mereka bisa selfie-selfie (swafoto, red), atau menikmati kuliner yang ada di lingkungan terminal. Atau bahkan ada hiburan musiknya. Jadi penumpang ini bisa nyaman. Bahkan bisa jadi tempat kongkow-kongkow karena kondisi terminalnya sangat mengasyikkan,” katanya.

Dengan dilakukan revitalisasi, keberadaan terminal akan punya nilai tambah. "Kemarin saya mencoba untuk turun ke lapangan. Melihat kondisi terminal. Ada dua terminal, di Kecamatan Arjasa, Jember dan Terminal Bondowoso. Kondisinya ya seperti itu-itu saja, tidak ada daya tariknya. Selain hanya sebagai tempat transit kendaraan dalam menaikkan dan menurunkan penumpang. Padahal kan fungsinya bisa dimaksimalkan lebih dari itu," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Jember ini.

Terlebih lagi terminal yang dekat dengan destinasi wisata. Contohnya Terminal Bondowoso yang dekat dengan kawasan wisata Gunung Ijen. Demikian juga Terminal Ambulu, Jember, yang dekat dengan wisata pantai Watu Ulo, Papuma, dan Teluk Love.

“Jadi ada kendaraan yang parkir di terminal itu yang siap mengantar wisatawan langsung ke lokasi wisata tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh Satib juga menyampaikan, selain soal revitalisasi terminal, pihaknya juga memperhatikan peremajaan angkutan umum. Karena kedua terminal itu masuk Tipe B. "Maka menjadi ranah pemerintah provinsi, dan nantinya akan kami dorong untuk diperhatikan serius," pungksnya. (jbr1/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...