Perlunya Revitalisasi Terminal, Tidak Hanya Sebagai Tempat Transit

Perlunya Revitalisasi Terminal, Tidak Hanya Sebagai Tempat Transit Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Satib (kanan) saat melakukan sidak ke Terminal di Kecamatan Arjasa, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pembenahan stasiun ataupun bandara sebagai tempat untuk transit angkutan umum masyarakat perlu ditiru juga oleh terminal. Pasalnya, terminal nantinya tidak hanya sekadar sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang.

Hal itulah yang menjadi sorotan dari Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Satib saat melakukan sidak ke Terminal di Kecamatan Arjasa, Jember, dan Terminal di Bondowoso, Jumat (22/11).

Menurut legislator dari Gerindra ini, terminal perlu direvitalisasi. “Jadi sudah harus ada pergeseran mindset fungsi dari terminal itu sendiri, yang selama ini hanya dianggap sebagai tempat kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Ke depan, fungsi terminal harus lebih dari itu,” kata Satib saat, Jumat (22/11/2019).

Menurut Satib, selain sebagai tempat transit, terminal juga bisa berfungsi sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan. Sehingga penumpang atau calon penumpang, dapat menikmati ketika berada di terminal.

“Mereka bisa selfie-selfie (swafoto, red), atau menikmati kuliner yang ada di lingkungan terminal. Atau bahkan ada hiburan musiknya. Jadi penumpang ini bisa nyaman. Bahkan bisa jadi tempat kongkow-kongkow karena kondisi terminalnya sangat mengasyikkan,” katanya.

Dengan dilakukan revitalisasi, keberadaan terminal akan punya nilai tambah. "Kemarin saya mencoba untuk turun ke lapangan. Melihat kondisi terminal. Ada dua terminal, di Kecamatan Arjasa, Jember dan Terminal Bondowoso. Kondisinya ya seperti itu-itu saja, tidak ada daya tariknya. Selain hanya sebagai tempat transit kendaraan dalam menaikkan dan menurunkan penumpang. Padahal kan fungsinya bisa dimaksimalkan lebih dari itu," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Jember ini.

Terlebih lagi terminal yang dekat dengan destinasi wisata. Contohnya Terminal Bondowoso yang dekat dengan kawasan wisata Gunung Ijen. Demikian juga Terminal Ambulu, Jember, yang dekat dengan wisata pantai Watu Ulo, Papuma, dan Teluk Love.

“Jadi ada kendaraan yang parkir di terminal itu yang siap mengantar wisatawan langsung ke lokasi wisata tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh Satib juga menyampaikan, selain soal revitalisasi terminal, pihaknya juga memperhatikan peremajaan angkutan umum. Karena kedua terminal itu masuk Tipe B. "Maka menjadi ranah pemerintah provinsi, dan nantinya akan kami dorong untuk diperhatikan serius," pungksnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO