Sehari Sebelum Festival HAM 2019, Pemkab Jember Langsung Berbenah

Sehari Sebelum Festival HAM 2019, Pemkab Jember Langsung Berbenah Mural bertemakan HAM menghiasi kantor Pemkab Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jelang pelaksanaan Festival Hak Asasi Manusia (HAM) 2019 di Kabupaten Jember, yang bakal digelar Selasa (19/11) besok hingga Kamis (21/11) mendatang,  gedung kantor Pemkab Jember mendadak direnovasi. Ada perubahan wajah dan penambahan fasilitas bagi para penyandang disabilitas. Mulai dari pembuatan dan pengadaan lift, landasan jalan miring untuk kursi roda, hingga lukisan mural bertema HAM disiapkan oleh pemerintah kabupaten dengan ciri khas tembakaunya itu.

Festival HAM merupakan acara tahunan yang telah dilaksanakan sejak 7 tahun lalu oleh International NGO Forum on Indonesia Development (INFID). Kemudian Komnas HAM mulai terlibat menyelenggarakan acara itu sejak 2015 yang bertujuan untuk membumikan konsep dan nilai-nilai Hak Asasi Manusia pada pengelolaan pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Untuk temanya tahun ini di Jember, yakni 'Pembangunan Daerah yang Berbasis HAM dan Berkeadilan Sosial Melalui Pendekatan Budaya'.

Pantauan wartawan di gedung kantor Pemkab Jember, belasan pekerja masih mengerjakan pembangunan fasilitas baru dan tambahan tersebut. Termasuk juga ornamen dan hiasan pendukung seperti halnya lukisan mural, juga masih dikebut dan dikerjakan oleh para pekerja, untuk menggambarkan bentuk HAM.

Namun sayangnya, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember Bambang Haryono yang ditunjuk sebagai leading sector pelaksanaan festival berskala internasional itu enggan untuk diklarifikasi.

Dirinya beralasan masih sibuk mempersiapkan rapat bersama dengan OPD lain terkait persiapan festival bergengsi tersebut. "Sebentar ya, saya masih sibuk mempersiapkan rapat ini, nanti saja kalau wawancara," ujar Bambang singkat.

Nantinya, pelaksanaan dari Festival HAM 2019 itu akan dipusatkan di kantor Pemkab Jember. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO