Senin, 13 Juli 2020 17:25

5 Fraksi DPRD Pasuruan Dukung Usulan Interpelasi Pilkades Serentak

Sabtu, 16 November 2019 00:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
5 Fraksi DPRD Pasuruan Dukung Usulan Interpelasi Pilkades Serentak
Sidang paripurna internal usulan interpelasi pilkades serentak.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Lima fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Pasuruan menyatakan satu suara mendukung usulan interpelasi pilkades serentak yang diinisiatori oleh Komisi I DPRD. Mulai Fraksi Gerindra, PDIP, Nasdem, PPP, dan fraksi gabungan PKS-Demokrat-Hanura. 

Dukungan itu disampaikan oleh masing-masing ketua fraksi usai mendengarkan materi usulan interpelasi di forum rapat paripurna internal.

Sementara dua fraksi yakni PKB dan Fraksi Golkar justru sebaliknya, mereka secara terang-terangan menolak usulan interpelasi dengan alasan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkades sudah sesuai dengan ketentuan regulasi.

Seperti yang disampaikan oleh Kholili, juru bicara dari Fraksi PKB dalam PU (pandangan umum). Ia menjelaskan, fraksinya menghargai dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh inisiator, sepanjang substansi muatan materi layak untuk disetujui.

Fraksi PKB memandang bila Pemkab Pasuruan sudah melakukan tahapan sesuai dengan amanah peraturan yang sudah ada, walaupun ada kekurangan.

"Untuk itu kami menolak usulan interpelasi dan mengusulkan perubahan perda tentang pemilihan kepala desa sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dan berdampak pada polemik di tengah-tengah masayarakat," jelas Kholili.

Ketua Farksi Golkar dalam pandangan umumnya juga sepakat menolak interpelasi tersebut. Partai berlambang pohon beringin ini menilai bahwa usulan interpelasi pelaksanaan Pilkades pada saat ini dipandang masih belum perlu dilakukan.

Tak hanya penolakan interpelasi yang dilakukan oleh fraksi PKB dan Golkar, para anggotanya juga secara terang-terang sepakat keluar dari sidang paripurna dan tidak ikut dalam proses pengambilan keputusan. (bib/par/ian)     

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...