Senin, 09 Desember 2019 04:56

Optimalkan Fungsi Trotoar di Jalan Wijaya Kusuma, Pemkot Surabaya Bangun Taman Parkir

Kamis, 14 November 2019 23:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Optimalkan Fungsi Trotoar di Jalan Wijaya Kusuma, Pemkot Surabaya Bangun Taman Parkir
Taman Parkir Wijaya Kusuma yang membelah jalan mirip seperti yang ada di luar negeri.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot Surabaya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya berinovasi dengan membangun area parkir yang membelah jalan, yakni Taman Parkir Wijaya Kusuma. Pembangunan lahan parkir yang membelah Jalan Wijaya Kusuma ini bertujuan untuk mengalihkan area parkir yang selama ini berada di tepi jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, Taman Wijaya Kusuma dibangun sekitar Bulan September lalu. Lokasinya berada di depan SMA 1 dan SMA 2 Surabaya atau Jalan Wijaya Kusuma.

“Kita ingin mengoptimalkan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, kemudian ramah terhadap pengguna sepeda, karena tak terhalangi oleh parkir tepi jalan, kalau naik angkot juga mudah,” kata Irvan, Kamis (14/11)

Irvan mengakui, meski sudah bisa dipergunakan, namun masih ada beberapa fasilitas yang segera dilengkapi, mulai dari taman, kemudian penerangan jalan umum (PJU).

“Kalau rambu-rambu sudah dipasang, marka juga. Tinggal nanti kita tambah zebracross ke arah SMA 1 dan 2 dan lapangan olahraga SMP 1 Surabaya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebenarnya ruang parkir yang berada di median jalan bukanlah hal yang baru. Fasilitas parkir kendaraan seperti itu banyak ditemukan di luar negeri, seperti di Philadelphia dan Pittsburgh, Amerika Serikat. Di Surabaya, seperti di kawasan Citraland.

Taman Parkir Wijaya Kusuma memiliki dua spot parkir. Area parkir ini berada di tengah jalan Wijaya Kusuma yang memiliki panjang sekitar 255,68 meter dan lebar 20 meter dengan 4 lajur 2 arah tak terbagi. Sedangkan lebar lahan parkir 5,2 meter dengan satu arah.

“Kapasitas parkir di area tersebut, bisa menampung sekitar 60-an kendaraan. Fleksibel, berdasarkan Satuan Ruang Parkir (SRP) bisa R-4 maupun R-2,” jelas Irvan.

Ia menyebut, tarif parkir di kawasan Taman Parkir Wijaya Kusuma, tak beda dengan parkir lainnya. Untuk tarif parkir mobil Rp. 5 ribu, sedangkan sepeda motor Rp. 2 ribu. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...