Selasa, 04 Agustus 2020 19:14

Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif

Selasa, 12 November 2019 22:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif
Sekdakot Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. foto bareng pelajar yang hobi makan ikan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Taman Pekuncen Kota Pasuruan, Selasa (12/11). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. 

Dalam sambutannya, Sekdakot mengatakan digelarnya Hari Ikan Nasional ini diharapkan mampu menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian lokal dan nasional dengan melibatkan seluruh strata sosial.

"Pada akhirnya Hari Ikan Nasional diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia melalui pemberdayaan budaya lokal. Kegiatan Harkannas mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, akademisi, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Makan ikan berarti terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker, serta meningkatkan kecerdasan," katanya.

Menurutnya, pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan, terutama bagi anak dan usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Pasuruan, lanjut Sekdakot, harus membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak-anak.

"Melalui gerakan memasyarakatkan konsumsi makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," katanya.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, M.M. kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan program peningkatan konsumsi ikan di Kota Pasuruan, serta memberdayakan peran pemuda yang berprestasi, berwawasan, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sektor perikanan.

Acara ini turut dihadiri Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK, serta peserta meliputi 130 pelajar SMA/SMK. (ard/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...