Rabu, 11 Desember 2019 05:34

Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif

Selasa, 12 November 2019 22:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif
Sekdakot Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. foto bareng pelajar yang hobi makan ikan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Taman Pekuncen Kota Pasuruan, Selasa (12/11). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. 

Dalam sambutannya, Sekdakot mengatakan digelarnya Hari Ikan Nasional ini diharapkan mampu menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian lokal dan nasional dengan melibatkan seluruh strata sosial.

"Pada akhirnya Hari Ikan Nasional diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia melalui pemberdayaan budaya lokal. Kegiatan Harkannas mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, akademisi, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Makan ikan berarti terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker, serta meningkatkan kecerdasan," katanya.

Menurutnya, pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan, terutama bagi anak dan usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Pasuruan, lanjut Sekdakot, harus membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak-anak.

"Melalui gerakan memasyarakatkan konsumsi makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," katanya.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, M.M. kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan program peningkatan konsumsi ikan di Kota Pasuruan, serta memberdayakan peran pemuda yang berprestasi, berwawasan, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sektor perikanan.

Acara ini turut dihadiri Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK, serta peserta meliputi 130 pelajar SMA/SMK. (ard/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...