Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif

Sekdakot Pasuruan: Makan Ikan Bisa Hindarkan Kita dari Penyakit Degeneratif Sekdakot Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. foto bareng pelajar yang hobi makan ikan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Taman Pekuncen , Selasa (12/11). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. 

Dalam sambutannya, Sekdakot mengatakan digelarnya Hari Ikan Nasional ini diharapkan mampu menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian lokal dan nasional dengan melibatkan seluruh strata sosial.

"Pada akhirnya Hari Ikan Nasional diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia melalui pemberdayaan budaya lokal. Kegiatan Harkannas mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, akademisi, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Makan ikan berarti terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker, serta meningkatkan kecerdasan," katanya.

Menurutnya, pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan, terutama bagi anak dan usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di , lanjut Sekdakot, harus membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak-anak.

"Melalui gerakan memasyarakatkan konsumsi makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," katanya.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, M.M. kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan program peningkatan konsumsi ikan di , serta memberdayakan peran pemuda yang berprestasi, berwawasan, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sektor perikanan.

Acara ini turut dihadiri Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK, serta peserta meliputi 130 pelajar SMA/SMK. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO