Selasa, 11 Agustus 2020 11:07

Bupati Serahkan Mobil Operasional Kepada 22 Desa Pemenang Lomba Desa

Senin, 11 November 2019 17:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Bupati Serahkan Mobil Operasional Kepada 22 Desa Pemenang Lomba Desa
Bupati Blitar Rijanto saat proses penyerahan hadiah mobil didampingi kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dindamade) Mujianto di halaman Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro, Ahad (10/11/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 22 mobil operasional diserahkan kepada pemerintah desa. Mobil operasional ini diserahkan sebagai hadiah lomba desa.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Blitar Rijanto didampingi kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dindamade) Mujianto di halaman Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro, Ahad (10/11/2019).

Bupati Blitar mengatakan, pemenang lomba tersebut diambil dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Oleh karena itu, dia berharap dapat mempercepat tingkatan klasifikasi desa yakni dari desa tertinggal ke desa maju hingga ke desa mandiri.

"Saya sampaikan bahwa ini adalah prestasi desa. Dan hadiahnya ini bentuknya mobil yang didanai oleh uang rakyat tentunya saya berpesan harus dirawat dengan baik," tutur Bupati Blitar.

Pada kesempatan itu Bupati Rijanto juga berkesempatan menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang loma desa berjumlah 22 desa tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mujianto menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Lomba Desa/Kelurahan tersebut yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa.

Penilaian tingkat perkembangan desa dan kelurahan dilakukan melalui 4 tahapan. Pertama, lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan. Kedua lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten/kota. Ketiga, lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi. Keempat, lomba desa dan kelurahan tingkat regional.

"Kami akan selalu melakukan pembinaan terhadap desa secara berkelanjutan. Kerja sama semua pihak mewujudkan kemajuan dalam pembangunan di desa, apalagi masuknya dana desa. Berdasarkan Permendagri No. 81 tahun 2015 tentang Evaluasi dan Perkembangan Desa, kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan bertujuan untuk mengetahui tahapan dan tingkat keberhasilan perkembangan desa/kelurahan dalam kurun waktu satu tahun," terang Mujianto. 

Adapun 22 desa yang mendapatkan mobil operasional tersebut di antaranya, Desa Pojok Kecamatan Garum, Desa Balerejo Kecamatan Wlingi, Desa Mangunan Kecamatan Udanawu, Desa Sidomulyo Kecamatan Bakung, Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro, Desa Plosoarang Kecamatan Sanankulon, Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben, Desa Plumpungrejo Kecamatan Kademangan, Desa Boro Kecamatan Selorejo, Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok, Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Desa Sumberarum Kecamatan Wates, Desa Soso Kecamatan Gandusari, Desa Ngembul Kecamatan Binangun, Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi, Desa Selopuro Kecamatan Selopuro, Desa Bagelenan Kecamatan Srengat, Desa Jambepawon Kecamatan Doko, Desa Jiwut Kecamatan Nglegok, Desa Kendalrejo Kecamatan Talun, dan Desa Sumberjo Kecamatan Sutojayan. (adv/humas)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...