Minggu, 17 November 2019 11:54

Bersama OJK, Indah Kurnia Ajak Masyarakat Bijak Sikapi Pinjaman Online

Sabtu, 09 November 2019 13:09 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Bersama OJK, Indah Kurnia Ajak Masyarakat Bijak Sikapi Pinjaman Online
Indah Kurnia dan Heru Cahyono saat Sosialisasi Waspada Pinjaman Online, Jumat (8/11) malam. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia meminta masyarakat bijak menghadapi maraknya pinjaman online yang ditawarkan melalui aplikasi atau Finansial Teknologi (Fintek). Itu disampaikan politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut saat Sosialisasi Waspada Pinjaman Online yang digelar bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Area Parkir Giant Pondok Tjandra Indah, Waru, Jumat (8/11) malam.

Indah Kurnia meminta masyarakat agar berhati-hati menghadapi aplikasi pinjaman online karena ada yang tidak terdaftar di OJK sehingga Fintek tersebut tidak terdeteksi. Karena tidak terdaftar di OJK, Indah menyebut susah mengatur pihak kreditur, dalam hal ini pemilik aplikasi pinjaman online.

Karena itu bersama OJK, pihaknya ikut berupaya memberikan edukasi yang massif kepada masyarakat. Tujuannya masyarakat lebih sadar dan bijak menghadapi maraknya produk keuangan melalui aplikasi online atau Fintek ini.

"Kalau menempatkan (menyimpan) uang di bank resmi. Kalau meminjam uang juga di tempat yang resmi dan yang sudah dilegalkan oleh OJK," pinta anggota DPR RI asal Dapil Surabaya-Sidoarjo itu.

Di sosialisasi itu, Kepala OJK Regional 4 Jatim, Heru Cahyono meminta masyarakat bisa membedakan Fintek yang legal dan ilegal. "Untuk mengetahuinya, bisa dicek ke OJK melalui sambungan telpon 157," cetus Heru Cahyono.

Dengan pengecekan tersebut, akan diketahui daftar nama Fintek yang terdaftar di OJK. Heru menyebut saat ini ada 127 Fintek yang sudah terdaftar di OJK sehingga legal. "Dan Fintek ini tidak melakukan praktik yang kerap dikeluhkan masyarakat melalui media," bebernya.

Heru pun berharap masyarakat sebelum melakukan pinjaman online, mengukur kemampuan finansialnya dan menggunakan uang pinjaman tersebut untuk membuka usaha. "Paling penting, lihatlah siapa yang mau kita pinjami tersebut, legal apa tidak?," tandasnya.

Ditegaskan Heru, dengan sosialisasi semacam ini, pihaknya berharap literasi masyarakat terhadap produk-produk keuangan lebih baik sehingga masyarakat terhindar dari praktik-praktik curang.

Selain itu, untuk mencegah masyarakat terhindar dari adanya praktik Fintek yang merugikan masyarakat, Heru menyatakan OJK telah membekukan 1000 lebih Fintek ilegal. "Kita sudah bekukan lebih 1000 Fintek ilegal bekerjasama dengan Kominfo," tandasnya.

Sosialisasi Waspada Pinjaman Online ini dihadiri ratusan warga. Warga yang hadir disuguhi hiburan musik lagu-lagu Koes Plus yang dimainkan HOSS Band asal Jogjakarta. Selain itu ada hiburan lawak Agus Kuprit dan Cak Tawar. (sta/ns)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...