Selasa, 21 Januari 2020 14:03

Pengusaha di Kota Blitar Tertipu Praktik Penggandaan Uang Hingga Rp 750 Juta

Kamis, 07 November 2019 19:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Pengusaha di Kota Blitar Tertipu Praktik Penggandaan Uang Hingga Rp 750 Juta
Dua kamar hotel yang sempat dijadikan ritual penggandaan uang.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Mau untung malah buntung. Begitulah yang dialami seorang pengusaha berinisial H, asal Jl. Wilis, Kota Blitar. Ia menjadi korban penipuan dengan modus penggandaan uang. Akibat aksi penipuan ini, H mengalami kerugian hingga Rp 750 juta.

H melaporkan kejadian ini ke Satreskrim Polres Blitar Kota, Kamis (7/11/2019) sore. Saat melaporkan kejadian yang menimpanya, H nampak tergesa-gesa dan enggan meladeni pertanyaan wartawan.

"Iya tadi korban lapor ke kami. Korban mengaku mengalami kerugian hingga Rp 750 juta. Modusnya penggandaan uang, namun saat ini kami masih memintai keterangan korban," ungkap Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono.

Heri mengatakan, keterangan sementara dari korban, pelaku adalah seorang pria asal Kalimantan yang akrab dipanggil Abah. Korban kenal dengan Abah sekitar 1,5 bulan lalu melalui temannya. Kepada korban, pelaku mengaku bisa menggandakan uang.

Janji manis ini ternyata membuat korban tertarik. Keduanya kemudian sepakat bertemu di sebuah hotel di Kota Blitar untuk menggelar ritual pengandaan uang, Kamis (7/11/2019) pagi.

Pelaku meminta korban memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satunya menyewa dua kamar hotel untuk keperluan ritual. Uang milik H kemudian diserahkan kepada pelaku. Uang korban kemudian dibungkus kain hitam di kamar pertama. Pelaku kemudian pindah ke kamar kedua untuk kembali melakukan ritual.

Setelah ritual, korban diminta pelaku pergi ke kamar kedua. Di kamar kedua ini terdapat bungkusan kain hitam dengan tumpukan yang lebih tinggi. Saat korban berada di kamar kedua inilah pelaku kabur menggondol uang korban. Sementara saat dibuka, tumpukan terbungkus kain hitam di kamar kedua hanya onggokan kertas yang dipotong mirip lembaran uang kertas.

(Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono menunjukkan potongan kertas yang digunakan pelaku untuk menipu korban)

"Iming-iming pelaku, uang itu bisa digandakan hingga dua kali lipat. Saat ini kami masih terus melakukan penyelidikan. Setelah korban melaporkan kejadian ini kami langsung melakukan olah TKP. Perkembangan selanjutnya akan kami sampaikan nanti," pungkasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...