Fomdem Rekom Tujuh Tokoh Perempuan untuk Pimpin Sidoarjo, Satu di antaranya Arumi Bachsin

Fomdem Rekom Tujuh Tokoh Perempuan untuk Pimpin Sidoarjo, Satu di antaranya Arumi Bachsin Arumi Bachsin, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tahun depan Jawa Timur akan melaksanakan 19 pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung. Satu di antaranya, Pilkada Sidoarjo. Sebagai daerah penyangga Surabaya, Kabupaten Sidoarjo punya peran strategis di Jawa Timur. Karena itu, publik mulai membicarakan siapa tokoh yang layak menggantikan Saiful Ilah yang sudah dua periode memimpin Kabupaten Sidoarjo.

Direktur Eksekutif Forum Muda Demokrasi (Fomdem) Jawa Timur, Rusman Hadi merekom sejumlah nama tokoh perempuan yang dipandang layak memimpin Kabupaten Sidoarjo.

"Sidoarjo Butuh figur perempuan, bisa sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati," tutur Rusman, Rabu (6/11).

Rusman membeberkan, sedikitnya ada sekitar tujuh figur perempuan dari berbagai latar belakang yang dipandang layak maju pada Pilkada Sidoarjo 2020. Pertama adalah Arumi Bachsin, Ketua PKK Jatim, Istri Wagub Jatim. Berikutnya adalah Azza Irene Mufia, ia merupakan politikus PAN Jawa Timur, pernah menjadi calon legislatif.

Kemudian ada juga Hj. Mimik Idayana, anggota DPRD Sidoarjo dari Gerindra DPRD Sidoarjo, Istri H. Rahmat Muhajirin (DPR RI). Ada juga Ir. Hj. Nurhendriyati Ningsih, Anggota DPRD Sidoarjo asal NasDem, Istri dari Haruna Sumitro Manajer Madura United. Kemudian ada Anik Maslachah Wakil ketua DPRD Jatim asal PKB.

Ada pula politikus Demokrat, Juana Sari Ketua DPC Demokrat Sidoarjo, Mantan Anggota DPRD Sidoarjo. Vike Widya Asrori politikus perempuan PKS yang juga anggota DPRD Sidoarjo terpilih 2019, dan Kasipah anggota DPRD Sidoarjo 2019.

Wakil Sekretaris Internal PDIP, Kasipah Amd, juga pendatang baru. Kasipah adalah putri H. Taat (almarhum) kontraktor dan mantan Ketua BPC Gapensi Sidoarjo.

Kelayakan tersebut lanjut Rusman, berdasar perjalanan karir dan pengalamannya. Baik dalam dunia politik, karena Sidoarjo harus banyak belajar ke Surabaya bagaimana ketika perempuan diberi kesempatan yang sama, maka hasil kerja yang maksimal akan dilakukan di Sidoarjo seperti Tri Rismaharini membangun surabaya dengan penuh prestasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO