Minggu, 09 Agustus 2020 12:42

Capai 84 Persen, Pemkab Pasuruan Optimis Program Jamban Rampung Akhir November

Rabu, 06 November 2019 19:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Capai 84 Persen, Pemkab Pasuruan Optimis Program Jamban Rampung Akhir November
Salah satu warga di Kab Pasuruan yang mendapat bantuan jamban.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Progres pengerjaan program jamban bagi 3.000 KK di 14 kecamatan di 37 desa yang dilakukan Pemkab Pasuruan memang masih belum rampung seluruhnya. 

Dari total program tersebut, jamban yang sudah dibangun baru mencapai 84 persen atau 2.530 unit yang sudah terpasang. Sementara sisanya sebanyak 16 persen masih dalam taraf pengerjaan oleh masyarakat. 

Pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman terus melakukan evaluasi agar pengerjaannya bisa rampung sebelum Desember 2019 ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Ir Haryaprianto menjelaskan, untuk material jamban sudah didropping semua kepada desa penerima.

"Kalau untuk pengerjaannya memang belum rampung semuanya. Untuk fisik yang sudah terbangun sudah mencapai 84 persen lebih,“ jelas Hari, sapaan Haryaprianto.

Ia mencontohkan, dari data ada beberapa desa yang sudah merampungkan pengerjaan fisiknya dan telah dimanfaatkan. Misalnya di Desa Jimbaran, Kecamatan Puspo mendapat 100 unit, Desa Sumberanyar, Kecamatan Nguling 88 unit, Desa Semut,  Kecamatan Purwodadi 50 unit  Desa Karangpandan 50 unit, dan Desa Kawisrejo 100 unit.

Agar progres pengerjaan bisa terpenuhi, maka pihak dinas terkait meminta kepada para pendamping program yang ada di masing–masing desa untuk segera melakukan pegecekan dan evaluasi di lapangan, serta melakukan koordinasi dengan pihak kepala desa. 

Pasalnya, untuk biaya/upah pemasangan program jamban tidak diambilkan dari APBD akan tetapi sharing dana ADD di masing-masing desa penerima. (bib/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...