Tim Gabungan Satgas Penyelamatan Kapal Selam Koarmada II Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

Tim Gabungan Satgas Penyelamatan Kapal Selam Koarmada II Evakuasi Korban Kapal Tenggelam Tim Gabungan Satgas Penyelamatan Kapal Selam Koarmada II saat menyelamatkan korban tenggelam akibat dekompresi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Gabungan Satgas Penyelamatan Kapal Selam yang terdiri dari para penyelam Dislambair, Satkopaska, serta Diskes berhasil mengevakuasi dan menyelamatkan dua anggota kapal selam yang diduga mengalami Dekompresi saat menyelamatkan diri dari kapal selam yang mengalami kebocoran.

Keduanya ditemukan oleh para penyelam dan tim kesehatan dalam kondisi tidak sadarkan diri dan mengapung di tengah lautan.

Setelah para penyelam berhasil mengangkat tubuh mereka dan menaikannya ke dalam perahu sekoci karet, tim kesehatan segera beraksi dengan melaksanakan nafas buatan atau CPR agar kesadaran korban segera kembali normal. Sebab diduga keduanya mengalami Dekompresi dan keracunan oksigen.

Dekompresi sendiri adalah kondisi medis yang disebabkan oleh akumulasi nitrogen terlarut dalam tubuh setelah menyelam, yang kemudian membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem saraf.

Sementara keracunan oksigen akibat tubuh menyerap oksigen tambahan akibat tekanan bawah air yang menyebabkan hilangnya pandangan periferal yang membuat mata terfokus seperti dalam terowongan dan mual hingga otot berkedut, hilang kesadaran, kejang, dan tenggelam.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO