Selasa, 15 Juni 2021 04:26

Minat Pelajar Surabaya Lanjutkan Kuliah di Belanda Meningkat

Rabu, 30 Oktober 2019 01:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Minat Pelajar Surabaya Lanjutkan Kuliah di Belanda Meningkat
Pelajar Surabaya antusias menghadiri pameran pendidikan bertajuk Dutch Placement Day (DPD) 2019 di hotel Four Point. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Minat pelajar Kota Surabaya melanjutkan kuliah ke negeri Belanda terus meningkat. Parameter itu bisa dilihat dari banyaknya pengunjung pameran pendidikan tinggi Belanda yang bertajuk Dutch Placement Day (DPD) 2019 di hotel Four Point.

Bila pada Dutch Placement Day (DPD) 2018 di Surabaya, pengunjung yang hadir sekitar 800 orang. Pada tahun ini, hingga satu jam sebelum pameran pendidikan ini ditutup, pengunjung sudah menembus angka 1.000 orang.

"Kalau melihat dari jumlah pengunjung yang hadir dalam pameran pendidikan tinggi Belanda tahun ini, animo pelajar Surabaya untuk kuliah di Belanda semakin tinggi. Ini merupakan tren yang bagus, karena sentimen Indonesia di Belanda juga baik," terang Peter van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Selasa (29/10).

Peter mengungkapkan Nuffic Neso Indonesia adalah kantor perwakilan Nuffic, organisasi non-profit di Belanda yang ditunjuk resmi untuk menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan dan didanai oleh pemerintah Belanda.

BACA JUGA : 

Wali Kota Maidi: Kita Beruntung Punya Pancasila, Benteng Ideologi Penjaga Persatuan Bangsa

Bobol Data Kartu Kredit untuk Transaksi Mata Uang Kripto, 4 Mahasiswa Diamankan Polda Jatim

Hari Bumi, Mahasiswa dan PKSM Pamekasan Bagikan Takjil dan Bibit Pohon

Perdana, Mahasiswa Uniska Magang Tiga Bulan di Kantor ATR/BPN Kota Kediri

Nuffic Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris. Nuffic Neso Indonesia juga mengelola beberapa jenis beasiswa untuk warga negara Indonesia, dalam bentuk program master dan pelatihan.

"Bagi pelajar Surabaya yang ingin kuliah di Belanda, kami juga menyediakan fasilitas beasiswa. Semua berpeluang mendapatkan beasiswa itu selama memenuhi syarat," imbuh Peter.

Peter melanjutkan, dari 22 institusi pendidikan tinggi Belanda yang datang ke Indonesia untuk mengikuti rangkaian pameran pendidikan DPD & European Higher Education Fair (EHEF) di berbagai kota, 11 institusi berpartisipasi mengikuti acara DPD di Surabaya.

Alasan universitas tersebut berpartisipasi pada acara DPD di Surabaya karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri.

Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di negeri kincir angin tersebut cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar online sampai dengan kemarin yang sudah lebih dari 700, yang terdiri dari pelajar dan lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis.

"Pendaftar lewat jalur online juga cukup tinggi. Pendaftar sudah mencapai 700 orang. Ini menunjukan perguruan tinggi Belanda sudah menjadi pilihan pelajar Surabaya," pungkas pria asal Den Haag yang fasih berbahasa Indonesia itu. (mdr/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...