Langgar Lalin, Pelajar di Kediri Diminta Ucapkan Sumpah Pemuda

Langgar Lalin, Pelajar di Kediri Diminta Ucapkan Sumpah Pemuda Para pelajar saat mengucapkan sumpah pemuda usai melakukan pelanggaran dalam Operasi Zebra 2019.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Masih dalam rangka Operasi Zebra 2019, Polres Kediri terpaksa memberikan hukuman ganda kepada para pelanjar yang melanggar. Selain diberi surat tilang, para pelajar diberi hukuman mengucapkan Sumpah Pemuda dan Pancasila.

Hukuman tilang dan mengucapkan Sumpah Pemuda ini terpaksa diterapkan oleh Satlantas Polres Kediri Kota karena angka pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar masih cukup tinggi. Mulai tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK, dan tidak mengenakan helm.

“Anak di bawah umur yang melanggar kami beri hukuman dobel. Setelah mereka ditilang, kami kumpulkan, kemudian kami suruh menghafal dan mengucapkan Sumpah Pemuda,” kata Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Indra Budi Wibowo di Mapolres, Selasa (29/10).

Dia menambahkan, sanksi pengucapan Sumpah Pemuda tersebut diberikan untuk memberi efek jera. Sebab, angka pelanggaran anak di bawah umur lebih tinggi dibanding daerah lain. “Setiap hari kami mendapatkan 200 pelanggar, didominasi anak di bawah umur dengan persentase 60 persen,” tambahnya.

Salah satunya Dinda (18), pelajar SMK di . Dia mengatakan tidak mempunyai SIM dan ditilang. Dirinya pun terpaksa membaca Sumpah Pemuda, meski diliputi rasa malu karena dilihat orang banyak. “Membaca Sumpah Pemuda. Karena belum punya SIM,” akuinya kepada wartawan.

Karena remaja warga Desa Katang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, ini hafal membaca Sumpah Pemuda, dirinya mendapat helm gratis dari polisi. “Tidak akan mengulangi lagi kok, Mas. Besok mau minta antar orang tua saja kalau berangkat sekolah,” pungkasnya. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO