Senin, 13 Juli 2020 19:48

Bupati Gresik dan PNS Kenakan Pakaian Adat Peringati Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2019 22:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Bupati Gresik dan PNS Kenakan Pakaian Adat Peringati Sumpah Pemuda
Bupati Sambari dan Wabup Qosim memberikan keterangan pers usai upacara sumpah pemuda. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kantor Bupati Gresik pada tahun 2019 ini terasa berbeda, Senin (28/10).

Tampak di kursi undangan, seluruh anggota Forkopimda hadir memakai pakaian kebesaran masing-masing dalam peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini. Pakaian kebesaran juga dikenakan oleh seluruh praja PNS yang berasal dari Praja APDN dan STPDN.

Sementara para Kepala OPD eselon II, Kepala Bidang eselon III, dan pejabat lain eselon IV juga mengenakan busana tradisional khas daerah.

Hampir seluruh busana tradisional provinsi di Indonesia terwakili oleh seluruh pejabat pemkab. Sedangkan di barisan peserta upacara tampak para pemuda pemudi dari pelajar, organisasi pemuda, dan kemasyarakatan.

Selain ada pasukan Bhinneka Tunggal Ika yang diperankan oleh para pelajar Gresik, seluruh pejabat Pemkab Gresik juga memakai pakaian adat tradisional.

Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Mohammad Qosim pada upacara kali ini memakai seragam tokoh proklamator Kemerdekaan Soekarno-Hatta.

Tak hanya itu, para ajudan juga mengenakan busana layaknya tentara BKR tempo dulu. "Saat ini saya membawa tongkat komando sebenarnya bukan untuk gaya-gayaan, tetapi hal itu sudah diatur dalam Permendagri No 17 Tahun 2019," ujar Bupati didampingi Wabup.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Tema peringatan sumpah pemuda kali ini adalah 'Bersatu Kita Maju'. Menurut Bupati, tema itu penuh makna. Yakni, hanya dengan persatuan cita-cita bangsa dapat tercapai.

Usai upacara, para pejabat yang memakai pakaian adat tersebut memamerkan kebolehannya untuk berlenggak lenggok di karpet merah catwalk yang telah disiapkan di panggung kehormatan.

Mereka menampilkan tarian pendek yang diiringi lagu dan musik sesuai busana daerah yang dikenakannya. "Ini lambang semangat Persatuan Indonesia. Tanpa bersatu kita tidak bisa membangun. Meskipun para pejabat ini sudah di atas 50 tahun, tapi semangatnya tetap tinggi. Kita tak akan kering karena panas, dan tak akan lapuk karena hujan. Kita harus tetap maju untuk membangun Indonesia, dan bersatu selamanya, " pungkas Bupati. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...