Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Blitar Ikut Menari Bersama 2019 Penari Celeng

Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Blitar Ikut Menari Bersama 2019 Penari Celeng Bupati Blitar Rijanto bersama Sekda Totok Subihandono ikut turun bersama para penari celeng sambil membawa barongan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2019 penari celeng memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Blitar, Senin (28/10/2019). Ribuan penari celeng ini menampilkan tari kolosal jaranan tril di halaman Pemkab Blitar di Kanigoro.

Para penari merupakan siswa siswi dari SMA/SMK se-Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini selain untuk memperingati hari sumpah pemuda dan memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-74, juga untuk melestarikan kebudayaan khas peninggalan nenek moyang yang telah berkembang di masyarakat.

"Ribuan penari ini adalah anak-anak millenial, pemuda-pemudi Kabupaten Blitar. Tidak salah pada momen peringatan sumpah pemuda ini mereka ikut berpartisipasi, menampilkan budaya khas Blitar," ungkap Rijanto.

Bupati mengatakan, kesenian seperti ini harus dikenalkan kepada anak-anak muda sejak dini. Sehingga para pemuda nantinya benar-benar menjadi pewaris dari kebudayaan asli Kabupaten Blitar. "Anak-anak muda harus menjadi pewaris dari budayanya sendiri. Mereka harus ikut mencintai, merasa memiliki hingga nantinya bisa melestarikan budaya ini," imbuhnya.

Sementara Kepala Disporbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, Disporbudpora bekerja sama dengan sejarawan dan budayawan sedang mengkaji kesenian jaranan tril. Kajian ini untuk memastikan jika jaranan tril merupakan salah satu seni pertunjukan kuda lumping khas Kabupaten Blitar.

"Kami sedang melakukan kajian mendalam. Sehingga nanti juga bisa dipertanggung jawabkan secara akademis. Jadi meskipun jaranan tril ini sudah dikenal sebagai jaranan khas Kabupaten Blitar, kita tidak mau asal klaim," jelas Suhendro Winarso.

Pada kesempatan itu, Bupati Rijanto bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Totok Subihandono ikut turun bersama para penari. Bupati bersama Sekda dan sejumlah kepala OPD menari sambil membawa barongan. (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO