Rutin Lakukan Perantingan, DKRTH Pangkas Puluhan Pohon Tiap Hari

Rutin Lakukan Perantingan, DKRTH Pangkas Puluhan Pohon Tiap Hari Aktivitas perantingan yang dilakukan DKRTH Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota selalu rutin melakukan pemantauan kondisi pohon-pohon di seluruh Kota . Bahkan, mereka juga rutin melakukan perantingan pohon-pohon setiap harinya.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Ipong Wisnoewardono, mengatakan saat melakukan perantingan itu, pihaknya selalu menerjunkan 6 tim perantingan, mulai dari lima rayon taman dan satu regu di luar rayon, serta mobil Skywalker.

“Jadi, ada tim khusus yang melakukan perantingan setiap harinya. Satu regu terdiri dari 7-9 orang,” kata Ipong ketika dihubungi, Jumat (11/10/2019).

Menurut Ipong, tim khusus perantingan itu bekerja mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Kegiatan perantingan itu dilakukan secara serentak di semua rayon taman, yakni Pusat, Timur, Barat, Utara dan Selatan. “Rata-rata setiap hari memangkas 10-15 pohon di setiap regunya,” kata dia.

Ia memastikan bahwa lokasi-lokasi yang disasar untuk kegiatan perantingan itu hampir di seluruh akses jalan raya. Namun, prioritasnya di jalan utama atau arteri, termasuk pula di kawasan-kawasan perumahan. “Setiap hari, ada jadwalnya perantingan di jalur mana saja,” ungkapnya.

Ipong juga menambahkan, kegiatan perantingan itu dilakukan pada pohon-pohon yang sudah lebat. Sedangkan pohon yang batangnya sudah keropos, DKRTH biasanya langsung menebangnya. “Nah, salah satu penyebab keropos itu biasanya ada yang bakar sampah di dekat pohon itu,” paparnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO