Jumat, 15 November 2019 12:03

Rutin Lakukan Perantingan, DKRTH Pangkas Puluhan Pohon Tiap Hari

Jumat, 11 Oktober 2019 21:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rutin Lakukan Perantingan, DKRTH Pangkas Puluhan Pohon Tiap Hari
Aktivitas perantingan yang dilakukan DKRTH Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya selalu rutin melakukan pemantauan kondisi pohon-pohon di seluruh Kota Surabaya. Bahkan, mereka juga rutin melakukan perantingan pohon-pohon setiap harinya.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Ipong Wisnoewardono, mengatakan saat melakukan perantingan itu, pihaknya selalu menerjunkan 6 tim perantingan, mulai dari lima rayon taman dan satu regu di luar rayon, serta mobil Skywalker.

“Jadi, ada tim khusus yang melakukan perantingan setiap harinya. Satu regu terdiri dari 7-9 orang,” kata Ipong ketika dihubungi, Jumat (11/10/2019).

Menurut Ipong, tim khusus perantingan itu bekerja mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Kegiatan perantingan itu dilakukan secara serentak di semua rayon taman, yakni Surabaya Pusat, Timur, Barat, Utara dan Selatan. “Rata-rata setiap hari memangkas 10-15 pohon di setiap regunya,” kata dia.

Ia memastikan bahwa lokasi-lokasi yang disasar untuk kegiatan perantingan itu hampir di seluruh akses jalan raya. Namun, prioritasnya di jalan utama atau arteri, termasuk pula di kawasan-kawasan perumahan. “Setiap hari, ada jadwalnya perantingan di jalur mana saja,” ungkapnya.

Ipong juga menambahkan, kegiatan perantingan itu dilakukan pada pohon-pohon yang sudah lebat. Sedangkan pohon yang batangnya sudah keropos, DKRTH biasanya langsung menebangnya. “Nah, salah satu penyebab keropos itu biasanya ada yang bakar sampah di dekat pohon itu,” paparnya.

Ia mengakui, kegiatan perantingan yang dilakukan DKRTH di jalan utama, memang terkadang menyebabkan laju kendaraan di jalan melambat. Oleh karena itu, di setiap titik yang dilakukan perantingan, pihaknya memberikan informasi kepada masyarakat yang melintas. “Kadang memang menyebabkan macet, makanya kita beri informasi dan aba-aba pada pengendara,” katanya.

Sementara itu, apabila kegiatan perantingan dilakukan di jalur PLN dan berpotensi membahayakan, maka pihaknya selalu koordinasi dengan pihak PLN. Hal ini penting dilakukan untuk mematikan sementara aliran listrik di lokasi setempat.

“Apalagi, batang pohon yang akan dipangkas itu berada di tengah-tengah kabel listrik, sehingga perlu dimatikan sementara,” ujarnya.

Biasanya, frekuensi perantingan meningkat menjelang pergantian musim, terutama saat musim kemarau ke musim hujan. Pada masa-masa itu, biasanya aktivitas tim khusus perantingan ini sibuk-sibuknya. Bahkan, mereka tak jarang kerja 24 jam nonstop.

“Pada masa-masa itu, biasanya tiap regu per hari memangkas sedikitnya 20 pohon, sehingga diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (ian/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...