Selasa, 15 Juni 2021 04:26

Kerajaan Belanda Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Surabaya

Kamis, 10 Oktober 2019 12:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kerajaan Belanda Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Surabaya
Kepala Perwakilan NBSO Mario Lauw (kiri) saat berbincang dengan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perkembangan ekonomi di Surabaya menarik perhatian Kerajaan Belanda. Penjajakan kerja sama mulai dilakukan dengan Pemkot Surabaya.

Itu disampaikan dalam pertemuan antara Netherlands Business Support Office (NBSO) dengan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Pertemuan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Surabaya Rabu (9/10), membahas tentang beberapa sektor yang akan dikerjasamakan dengan Pemkot.

Kepala Perwakilan NBSO Mario Lauw mengungkapkan Negara berjuluk Negeri Kincir Angin ini memiliki keunggulan dalam sektor maritim dan pertanian.

"Belanda sendiri sudah sangat terkenal untuk sektor maritimnya. Sebagai negara yang lahannya berada di bawah permukaan air laut, kami tentu yakin jika kami sangat mampu di sektor itu (maritim)," kata Mario.

BACA JUGA : 

Positivity Rate Covid-19 di Surabaya Naik, Pemkot Masifkan Swab Test Massal

Kecamatan Genteng Surabaya Gelar Pameran UMKM dengan Transaksi Cashless

Dua RW di Manukan Wetan Tolak Persentase Bagi Hasil Kompensasi Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya

Satgas Covid-19 Surabaya Masifkan Pengawasan di Jembatan Suramadu pada Dini Hari

Dari sisi hasil pertanian, menurut Mario, Belanda juga punya prestasi mentereng. "Kami negara pengekspor hasil pertanian terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Tapi kan Amerika sebesar itu negaranya," jelas Mario lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyambut optimis gagasan tersebut. Baginya, ada banyak sektor di Kota Pahlawan yang bisa dikerjakan secara sinergi dengan pihak lain agar tidak terlalu membebani APBD.

"Selain itu, dari pemaparan tadi, banyak juga leading sector dari Belanda yang sejalan dengan program kami, baik program Wali Kota Risma maupun Presiden Jokowi," ujar pria yang akrab disapa WS ini.

"Ke depannya semoga ada pembicaraan lanjutan dengan tim teknis masing-masing agar bisa langsung tancap gas untuk kerjasama yang akan dijalin," pungkas Whisnu. (ian/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...