Jumat, 15 November 2019 12:00

Kerajaan Belanda Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Surabaya

Kamis, 10 Oktober 2019 12:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kerajaan Belanda Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Surabaya
Kepala Perwakilan NBSO Mario Lauw (kiri) saat berbincang dengan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perkembangan ekonomi di Surabaya menarik perhatian Kerajaan Belanda. Penjajakan kerja sama mulai dilakukan dengan Pemkot Surabaya.

Itu disampaikan dalam pertemuan antara Netherlands Business Support Office (NBSO) dengan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Pertemuan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Surabaya Rabu (9/10), membahas tentang beberapa sektor yang akan dikerjasamakan dengan Pemkot.

Kepala Perwakilan NBSO Mario Lauw mengungkapkan Negara berjuluk Negeri Kincir Angin ini memiliki keunggulan dalam sektor maritim dan pertanian.

"Belanda sendiri sudah sangat terkenal untuk sektor maritimnya. Sebagai negara yang lahannya berada di bawah permukaan air laut, kami tentu yakin jika kami sangat mampu di sektor itu (maritim)," kata Mario.

Dari sisi hasil pertanian, menurut Mario, Belanda juga punya prestasi mentereng. "Kami negara pengekspor hasil pertanian terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Tapi kan Amerika sebesar itu negaranya," jelas Mario lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyambut optimis gagasan tersebut. Baginya, ada banyak sektor di Kota Pahlawan yang bisa dikerjakan secara sinergi dengan pihak lain agar tidak terlalu membebani APBD.

"Selain itu, dari pemaparan tadi, banyak juga leading sector dari Belanda yang sejalan dengan program kami, baik program Wali Kota Risma maupun Presiden Jokowi," ujar pria yang akrab disapa WS ini.

"Ke depannya semoga ada pembicaraan lanjutan dengan tim teknis masing-masing agar bisa langsung tancap gas untuk kerjasama yang akan dijalin," pungkas Whisnu. (ian/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...