Ingin Bekas PG Toelangan Jadi Wisata Edukasi, Ini Langkah DPRD Sidoarjo

Ingin Bekas PG Toelangan Jadi Wisata Edukasi, Ini Langkah DPRD Sidoarjo SIDAK: Komisi D DPRD Sidoarjo dan Disporapar Sidoarjo melihat bekas PG Toelangan, di Desa/Kecamatan Tulangan, Senin (7/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi D mendorong pemerintah mewujudkan rencana menyulap kawasan bekas Pabrik Gula (PG) Toelangan menjadi destinasi wisata edukasi.

Komisi yang membidangi di antaranya kepariwisataan itu sidak ke pabrik gula peninggalan Belanda tersebut, Senin (7/10). "Pabrik gula tinggalan Belanda ini punya potensi untuk jadi wisata edukasi," cetus Ketua Komisi D, M Damroni Chudlori, Senin (7/10).

Kata Damroni, informasinya pemerintah sudah membuat Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2016 lalu, untuk memanfaatkan bekas PG Toelangan, yang sudah stop operasi sejak tahun 2016 silam.

Salah satu konsep di DED itu, sejumlah rumah dinas di area PG Toelangan bakal dijadikan home stay atau tempat penginapan. "Kita dorong rencana tersebut bisa diwujudkan. Apalagi nanti dua tahun lagi, ada kereta di bandara," beber politikus PKB ini.

Damroni menegaskan, rencana menjadikan kawasan PG Toelangan sebagai pusat wisata edukasi juga diharapkan memanfaatkan kearifan lokal.

Di desa yang dekat dengan pabrik gula yang dibangun pada tahun 1850 itu, juga terdapat makam Mbah Jaelani, yang nantinya bisa direncanakan sebagai sebuah wisata religi. "Kami akan bahas dengan pihak-pihak terkait agar rencana ini bisa diwujudkan," bebernya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO