Kamis, 23 Januari 2020 00:49

Bupati Faida Resmikan Pembangunan Asrama Haji Jember Rp 220 Miliar

Senin, 07 Oktober 2019 13:14 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Indrawan
Bupati Faida Resmikan Pembangunan Asrama Haji Jember Rp 220 Miliar
Bupati Jember dr. Faida MMR meresmikan pembangunan Asrama Haji di Desa/Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (7/10/2019).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati Jember dr. Faida MMR meresmikan pembangunan Asrama Haji di Desa/Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (7/10/2019), yang menelan biaya kurang lebih Rp 220 miliar.

Gedung megah itu rencananya akan berdiri dengan 7 lantai. Bangunan akan dilengkapi miniatur kabah dan tempat untuk sai seperti dari Safa ke Marwa. Asrama haji nantinya sebagai tempat menasik haji dan tempat jemaah berkumpul sebelum berangkat ke Surabaya dan lanjut ke Tanah Suci Mekkah.

Untuk proses pembangunan akan dilakukan secara beberapa tahap. Di mana untuk tahap awal, akan selesai pada Desember 2019 mendatang

“Kita hari ini selamatan (tasyakuran, red) peletakan batu pertama pembangunan Asrama Haji Jember, (saat ini) tahap pertama yang akan dilakukan untuk 3 bulan pertama, dengan anggaran dari APBD Jember sebesar Rp 17,5 miliar dari pondasi hingga struktur tahap pertama,” ujar Bupati Jember Faida usai melakukan simbolis peletakan baru pertama sebagai tanda dilakukannya pembangunan gedung megah tersebut.

“Kemudian pada Januari 2020, dilanjutkan tahap kedua dengan anggaran Rp 132 miliar. Itu untuk bangunan sampai lantai ketujuh. Kemudian nanti di perubahan anggaran (APBD) 2019 (disiapkan anggaran) sekitar Rp 70 miliar, untuk interior, agar Asrama Haji ini bisa juga berfungsi sebagai hotel transito, wisma atlet, wisma diklat, wisma daerah, dan memberikan manfaat maksimal,” jelasnya.

“Untuk tahap pertama juga akan disiapkan 440 tempat tidur yang berada di dalam 135 kamar. Cukup untuk 1 kloter itu,” ujarnya.

Pembangunan asrama haji ini, kata Faida, sesuai dengan komitmennya bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dulu pernah berkunjung ke Jember. “Untuk pembangunan asrma haji menjadi tanggung jawab daerah, sementara untuk perpanjangan runway (Bandara Notohadinegoro), menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Untuk awal, selametan ini, bersama dengan 300 orang pekerja yang akan mengerjakan proyek ini,” ujarnya.

Untuk akses jalan, maupun juga keamanan di lingkungan Asrama Haji ini, lanjut bupati wanita pertama di Jember itu, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan jajaran Polres Jember dan juga Kodim 0824 setempat.

“Untuk akses jalan, kita lengkapkan (komunikasi) dengan Polsek yang masih menjadi sub sector, dan Koramil yang masih menjadi Pos Ramil. Untuk nantinya kami harap bias berkembang, karena di sini nanti akan menjadi pusat keramaian dan pusat olahraga. Bahkan juga menjadi destinasi religi,” ujarnya.

Lebih jauh Faida menjelaskan, untuk target penyelesaian pembangunan Asrama Haji yang dilakukan secara bertahap itu, nantinya ditargetkan selesai dalam kurun waktu satu tahun.

“Saya berharap 2021 bisa beroperasi dengan baik. Sehingga masyarakat perlu menyiapkan diri untuk kebutuhan Jemaah haji, KBIH-KBIH mempersiapkan diri, karena kebutuhan untuk mendukung Jemaah haji dari catering, UMKM, kebutuhan Jemaah (lainnya) alat perlengkapan ibadah, oleh-oleh souvenir, saya berharap jadi pendongkrak ekonomi umat,” ungkap dia. (jbr1/yud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...