Tambang Ilegal di Tuban Masih Banyak

Tambang Ilegal di Tuban Masih Banyak Kepala Dinas ESDM Jatim, Setiajit.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, Setiajit menyatakan, tambang ilegal di wilayah Kabupaten Tuban lebih banyak ketimbang yang legal. Jika dikalkulasi, 60 persen tambang masih ilegal dan 40 persen sudah mengantongi izin.

"Ya banyak ilegalnya dibanding yang legal, itu terlihat dari satelit, banyak titik putih. Dan ketika dicek, ternyata belum mengantongi izin," ungkap Setiajit kepada BANGSAONLINE.com, Senin (30/9).

Kata dia, keberadaan tambang ilegal jelas merugikan negara dan hingga sampai saat ini para pemainnya sudah didata. Kemudian, ke depan akan ditata kelola dan ditertibkan dengan aturan perundangan yang berlaku.

"Tuban kaya dengan pengunungan kendeng, dan yang pasti banyak potensi yang dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat Tuban," ujar Setiajit.

"Tuban butuh perubahan sehingga perlu diperbaiki. Terutama membangun industrialisasi di Tuban menuju masyarakat sejahtera. Oleh sebab itu, potensi tambang di Tuban ini sebaiknya dikelola menjadi baik dan sesuai Undang-Undang. Kalau potensi ini dikelola dengan baik, maka masyarakat akan sejahtera," pungkasnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO