Desember, KPU Pacitan Buka Pendaftaran Calon Perseorangan

Desember, KPU Pacitan Buka Pendaftaran Calon Perseorangan Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Tak lama lagi tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan 2020 bakal digelar oleh KPU. Apalagi Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai modal penyelenggaraan pemilu sudah ditandatangani belum lama ini.

"Empat belas hari pasca pendatanganan NPHD, anggaran sudah bisa dicairkan. Oleh sebab itu, saat ini kita tengah bersiap-siap untuk memulai tahapan," kata Ketua Sulis Setyorini, Kamis (26/9).

Menurutnya, tahapan akan dimulai dengan penyusunan program dan pemutakhiran data pemilih. "Termasuk agenda sosialisasi dengan melibatkan peran media massa juga akan segera dilaksanakan," terangnya.

Untuk pendaftaran bakal calon, mantan dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya ini menegaskan, akan dimulai bulan Desember mendatang. Namun tahapan itu, hanya untuk calon perseorangan.

"Tahapan ini bisa dibilang akan banyak menyita waktu dan tenaga. Sebab, syarat dukungan calon harus dilakukan sensus secara menyeluruh dengan jumlah dukungan kurang lebih sekitar 41 ribu KTP. Sebab, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pileg 2019 lalu 471.061 jiwa. Kita masuk di range jumlah DPT antara 250 ribu-500 ribu. Sehingga bakal calon harus mengumpulkan syarat dukungan sebanyak 8,5 persen dari jumlah DPT tersebut," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO