Jumat, 18 Oktober 2019 16:52

Akal Politik Kiai Fuad Amin, Cawapres Muhammadiyah Hatta Rajasa Mendadak Jadi NU

Sabtu, 21 September 2019 09:52 WIB
Editor: Tim
Akal Politik Kiai Fuad Amin, Cawapres Muhammadiyah Hatta Rajasa Mendadak Jadi NU
Nico Ainul Yakin. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nico Ainul Yakin, mantan Ketua PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur, pernah menjadi orang dekat RKH Fuad Amin. Ia sering dipanggil ke Pondopo Bangkalan Madura saat Ra Fuad - panggilan RKH Fuad Amin - jadi bupati. Bahkan Nico inilah yang pernah menulis buku tentang Syaikhona Kholil Bangkalan tapi diatasnamakan Fuad Amin.

Nico yang kini jadi pengurus Nasdem Jawa Timur dan pernah jadi calon wakil bupati Nganjuk itu menulis kenangannya secara bersambung tentang Ra Fuad yang kocak. Inilah lanjutan tulisannya untuk pembaca BANGSAONLINE:

Pada Pilpres 2014 silam, Ra Fuad menjadi Ketua Tim Pemenangan Capres-Cawapres Prabowo-Hatta Rajasa di Jatim. Dia membentuk organ pemenangan bernama "Jawa Timur Bangkit".

Salah satu fokus garapannya adalah penggalangan kiai-kiai pesantren. Namun ia mengalami kendala berat. Sebab calon wakil presidennya adalah kader Muhammadiyah. Yaitu Hatta Rajasa. Padahal Jawa Timur, terutama Madura, adalah basis utama NU. Dan semua orang sudah tahu kalau Hatta Rajasa yang saat itu ketua umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) adalah tokoh Muhammadiyah.

Dalam beberapa hari Ra Fuad memeras otak, mencari cara yang efektif & efisien untuk sosialisasi di kalangan kiai-kiai NU.

Singkat cerita, muncullah ide menerbitkan buku yang menjelaskan tentang sisi keislaman Hatta Rajasa.

Ra Fuad kemudian memanggil orang dekatnya yang punya bakat menulis. Yaitu seorang aktivis mahasiswa yang tinggal di Surabaya. "Tolong saya dibuatkan buku yang menguraikan bahwa Hatta Rajasa itu NU," pinta Ra Fuad.

“Bukannya Pak Hatta itu Muhammadiyah kiai?," tanya si penulis.

”Justru itu, kamu harus bisa menjelaskan di buku bahwa Pak Hatta adalah NU," desak Ra Fuad kepada penulis. Kalau kiai-kiai tahu pak Hatta bukan NU, masyarakat gak ada yang milih," ungkap Ra Fuad meyakinkan penulis.

Si penulis terdiam beberapa saat, seperti ada keraguan di benaknya.

"Sudah, gak usah dipikir, kamu pasti bisa," kata Ra Fuad singkat.

Seminggu kemudian, si penulis datang ke rumah Ra Fuad di Saksak, Bangkalan Madura.

"Pak Hatta Rajasa sudah jadi NU ya?," tanya Ra Fuad.

"Sudah kiai," jawab penulis.

"Di bagian mana NU-nya," tanya Ra Fuad penasaran.

Penulis itu menunjukkan bagian-bagian buku, mulai profil Hatta Rajasa, sisi keislamannya, kedekatannya dengannya kiai-kiai NU dan amaliyah keagamaannya yang sama dengan warga NU, seperti tahlilan, ziarah kubur, dan lain-lain.

"Nah, ini yang saya mau. Nanti kiai-kiai dan warga NU akan banyak yang milih pasangan Prabowo-Hatta," terang Ra Fuad.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...