Penandatanganan NPHD Pilbup Pacitan Mendahului SE Mendagri, Kabag Hukum: Tak Masalah

Penandatanganan NPHD Pilbup Pacitan Mendahului SE Mendagri, Kabag Hukum: Tak Masalah Kabag Hukum Setkab Pacitan Deni Cahyantoro. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabag Hukum Setkab Pacitan Deni Cahyantoro memastikan tidak adanya persoalan terkait telah ditandatanganinya Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pelaksanaan pemilihan umum bupati dan wakil bupati, sekalipun surat edaran (SE) Mendagri belum terbit. "Nggak masalah itu (SE belum terbit). SE itu kan bukan dasar hukum. Kita tetap mengacu Permendagri," kata Deni menanggapi belum terbitnya SE, namun telah dilaksanakan penandatanganan NPHD untuk pemilihan bupati, Kamis (19/9).

Selain itu, Deni juga menegaskan kalau saat ini SE sudah terbit. "Saat ini SE-nya sudah ada kok," tegasnya.

Pernyataan Deni tersebut juga dibenarkan Kabid Anggaran dan Perbendaharaan BPKAD, Surono. Dia menegaskan dasar penandatanganan NPHD pada Rabu (18/9) kemarin, menggunakan draft final SE. Dia juga menegaskan kalau semalam SE yang mengatur masalah penganggaran untuk pemilihan bupati sudah terbit. "Semalam sudah ada, dan SE tersebut tidak mengalami perubahan dari draft finalnya," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, penandatanganan NPHD antara dengan KPU Pacitan telah dilakukan, Rabu (18/9) kemarin. Penandatanganan NPHD itu disaksikan langsung oleh Ketua KPU RI Arif Budiman. Ia sengaja berkunjung ke Pacitan guna menyaksikan kesiapan lembaga penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten tersebut dalam melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2020.

Arif Budiman mengapresiasi Kabupaten Pacitan sebagai salah satu daerah yang sudah menandatangani NPHD. Sebab, dari 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, baru 4 daerah yang sudah mendatangani NPHD, yaitu Provinsi Kepri (Pilgub), Kota Bitung (Pilwali), Kabupaten Saburaijua di NTT (Pilbup), dan Kabupaten Pacitan (Pilbup).

"Saya pikir ini perlu diapresiasi dan memberi inspirasi bagi banyak daerah yang belum tanda tangan, untuk segera tanda tangan. Kalau ada kerumitan atau kesulitan, mereka bisa belajar ke empat daerah yang sudah tanda tangan," kata Arif Budiman usai menyaksikan penandatanganan NPHD di halaman wingking Pendopo , Rabu (18/9). (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO