Jumat, 18 Oktober 2019 16:43

Demo HMI Bangkalan Berakhir Ricuh, Sempat Diwarnai Bentrok Dengan Aparat Keamanan UTM

Senin, 16 September 2019 17:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Demo HMI Bangkalan Berakhir Ricuh, Sempat Diwarnai Bentrok Dengan Aparat Keamanan UTM
Aksi mahasiswa HMI saat demo di rektorat UTM. foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangkalan menggelar aksi demo di Lobi Rektorat Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Senin (16/9/2019).

Aksi itu dilakukan HMI Cabang Bangkalan untuk memprotes pernyataan Agung Ali Fahmi, Wakil Rektor III UTM, di sebuah grup WhatsApp IKA PMII KOM UTM (Ikatan Alumni PMII).

Dalam grup itu, menurut Thofiqur Syairozi koordinator aksi HMI, Agung Ali Fahmi dianggap merendahkan dan melecehkan HMI melalui pernyataannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, saat itu Agung Ali Fahmi mengirim sebuah link berita berjudul "Wapresma Usir PMII dan HMI dari Kampus Muhammadiyah". Kemudian di bawahnya, ia menambahkan caption:

"itu baru benar ... (emoticon) Bahwa kampus UNMUH ya khusus Muhammadiyah.. HMI itu gak punya induk, ibunya "Masyumi" sudah wafat.... Yatim piatu... mumpung masih di bulan Muharram, kalau ketemu anak HMI elus kepalanya... (emoticon)," tulis Agung.

Terkait hal ini, Thofiqur menegaskan bahwa HMI menuntut Agung meminta maaf. "Kami juga meminta kehadiran Rektor Universitas Trunojoyo Madura untuk segera memecat Agung karena sifat yang ditunjukkannya tidak mencerminkan sifat akademisi," cetusnya.

Namun, demo yang digelar massa HMI ini berakhir ricuh. Sejatinya Agung Ali Fahmi sudah menemui massa HMI untuk meminta maaf. Namun, masa HMI tetap ngotot agar Agung mundur dari Wakil Rektor III UTM.

(VIDEO: Detik-detik Kericuhan Demo Massa HMI di UTM Bangkalan)

Bagian Humas UTM Taufikurrahman Hasbullah sampai naik ke atas meja lobi rektorat untuk meminta massa HMI UTM menggelar aksi di luar gedung. "Jangan melakukan aksi yang dapat menimbulkan keributan di dalam. Diselesaikan dengan dialog, karena cara-cara aksi HMI ini bentuk cara-cara yang kurang baik," pinta Taufikurrahman.

(Humas UTM Taufikurrahman Hasbullah meminta mahasiswa HMI agar tak menggelar demo di dalam rektorat)

Taufikurrahman meminta HMI untuk orasi di halaman gedung Rektorat, sedangkan mahasiswa HMI tetap ngotot orasi di lobi rektorat.

(BACA JUGA: Kecam Aksi Anarkis HMI, Sejumlah Mahasiswa UTM Gelar Demo Tandingan, Kapolres Turun Tangan)

Bahkan saat Agung Ali Fahmi keluar untuk menemui mahasiswa HMI dan hendak menyampaikan permohonan maaf di dalam lobi, para mahasiswa maju merangsek dan mendorong pihak keamanan UTM. Hal ini membuat Agung mengurungkan niatnya menyampaikan permintaan maaf di dalam lobi. Ia langsung ditarik pihak keamanan UTM untuk diamankan kembali ke dalam ruangan.

(Wakil Rektor III UTM Agung Ali Fahmi saat menyampaikan permohonan maaf)

Agung Ali Fahmi akhirnya menyampaikan permintaan maafnya di depan pintu masuk lobi rektorat UTM sebagaimana permintaan mahasiswa HMI. Dalam keterangannya, Agung mengaku bahwa dirinya khilaf.

Namun ketika diminta mundur dari jabatannya sebagai Wakil Rektor III, Agung enggan menaggapi. " No Comment, No Comment," ujarnya sambil berlalu meninggalkan mahasiwa HMI.

Sampai berita ini ditulis pukul 15.00 WIB, mahasiswa HMI masih tetap bertahan di lobi rektorat UTM untuk meminta Agung Ali Fahmi mundur dari jabatan Wakil Rektor III UTM. (ida/uzi)

BERITA INI TELAH DI-UPDATE PADA PUKUL 20.12 WIB KARENA ADA KEKELIRUAN INFORMASI. 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...