Jumat, 14 Agustus 2020 13:09

Air BGS Bisa Cukupi Kebutuhan Pelanggan Baru di Bungah dan Manyar

Kamis, 12 September 2019 18:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Air BGS Bisa Cukupi Kebutuhan Pelanggan Baru di Bungah dan Manyar
Petugas PDAM Gresik melakukan pemasangan pipa transmisi untuk distribusi air BGS.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur PDAM Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zuriyah memastikan pengelolaan air baku dari Bendung Gerak Sembayat (BGS) Bungah mampu mencukupi kebutuhan 20 persen pelanggan baru.

Bahkan wanita yang akrab disapa Riza ini memastikan masyarakat Gresik tak akan lagi kesulitan air bersih pada tahun 2021 mendatang. "Pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021, masyarakat Gresik sudah tidak akan kekurangan air bersih lagi. PDAM Giri Tirta Gresik akan menambah produksi air bersih sebesar 1.000 liter per detik dari BGS," ujar Riza, Kamis (12/9).

Dikatakan Riza, PDAM Giri Tirta telah bekerja sama dengan investor untuk memanfaatkan air dari BGS. Nilai investasi mega proyek ini sebesar Rp. 718 miliar. "Diperkirakan pada bulan Oktober 2019 megaproyek PDAM Giri Tirta Gresik akan dimulai. Pekerjaan awal yang akan dilakukan penanaman pipa transmisi dengan diameter 1100 mm," paparnya.

Sebelum pemasangan pipa berlangsung, PDAM Gresik beserta jajaran Pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kecamatan Bungah dan Kecamatan Manyar. Sebab, pipa transmisi dengan diameter 1100 mm akan dipasang mulai dari Desa Sidomukti sampai pertigaan Bungah sepanjang 7,8 km.

"Total keseluruhan panjang pipa yang akan ditanam sepanjang 41 km untuk wilayah Kecamatan Bungah dan kecamatan sekitar. Masyarakat tidak usah khawatir bahwa pipa yang akan ditanam tak melulu pipa transmisi, melainkan juga ada pipa pendamping yaitu pipa distribusi. Jadi masyarakat juga akan menikmati air dari BGS ini. Dari pipa ini, air akan terdistribusi ke rumah-rumah masyarakat sekitar Bungah dan Manyar," bebernya.

Lanjut Riza, saat inijumlah produksi air bersih PDAM Gresik sebesar 1.327 liter/detik (lpd) yang hanya mencukupi 43 persen masyarakat Gresik di 11 Kecamatan. Apabila proyek pemanfaatan air BGS selesai, ia memperkirakan bisa menambah sekitar 20 persen pelanggan baru dengan 70 ribu sambungan rumah (SR) untuk wilayah Kecamatan Bungah, Manyar, dan sebagian perkotaan.

"Saat ini, produksi air bisa lebih dioptimalkan untuk masyarakat pelanggan lama PDAM atau bahkan bisa menambah pelanggan baru khususnya untuk masyarakat perkotaan serta wilayah Gresik Selatan," terangnya.

Riza mengaku sangat optimis proyek pemanfaatan air BGS akan berjalan sesuai target. "Usai penanaman pipa yang diperkirakan kurang lebih sebulan, kami masih akan melaksanakan pekerjaan intake air, lalu pipa distribusi ke IPA, booster (reservoir), valve, dan sambungan rumah (SR) yang kami perkirakan memakan waktu satu tahun," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...