Kamis, 13 Agustus 2020 12:28

Ratusan Anggota Banser Geruduk Mapolres Blitar Kota Protes Kriminalisasi Tokoh NU

Kamis, 12 September 2019 15:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Ratusan Anggota Banser Geruduk Mapolres Blitar Kota Protes Kriminalisasi Tokoh NU
Ratusan anggota Banser Kabupaten Blitar menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Blitar Kota, Kamis (12/9/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan anggota Banser Kabupaten Blitar menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Blitar Kota, Kamis (12/9/2019). Aksi unjuk rasa anggota Banser ini dilakukan sebagai bentuk protes kriminalisasi terhadap tokoh warga sekaligus tokoh NU Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Koordinator aksi Abdul Kholik mengatakan, ada dua tokoh masyarakat sekaligus tokoh NU yang saat ini statusnya sudah sebagai tersangka. Mereka adalah Moh Nawawi dan H Isa Ansori.

Padahal kedua tokoh ini sebelumnya membantu pihak kepolisian untuk melaporkan seorang warga bernama Nurkholik yang hendak mengusai aset tanah waqaf yang di atasnya berdiri sebuah mushala dan lembaga sekolah bersertifikat NU.

Tak hanya itu berdasarkan keterangan Abdul Kholik, pria bernama Nurkholik yang merupakan keluarga pemilik tanah yang diwaqafkan itu sering berbuat onar. Terakhir, Nurkholik sempat mendatangi pengurus yayasan sambil mengancam menggunakan senjata tajam berupa keris.

"Kami meminta berbagai macam tindakan yang dilakukan Nurkholik untuk ditindak. Sekarang Nurkholik masih bebas, sedangkan dua tokoh yang membantu pihak kepolisian dengan mengamankan Nurkholik justru ditetapkan tersangka dan saat ini sudah proses sidang," ungkap Abdul Kholik usai menggelar aksi unjuk rasa.

Para anggota Banser tiba di depan Mapolres Blitar Kota sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka mengendarai sejumlah sepeda motor dan mobil. Mereka langsung menggelar orasi di depan Mapolres Blitar Kota.

Para peserta aksi juga membawa spanduk yang bertuliskan nada protes.

Selain anggota Banser, juga terlihat sejumlah anggota Ansor dan Fatayat ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut. Sebelum ke Mapolres Blitar Kota, para peserta aksi juga mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Blitar. Mereka memberi dukungan dan mengawal persidangan H Isa Ansori yang digelar Kamis (12/9/2019).

Sementara Kasat Intelkam Polres Blitar Kota Iptu Son Haji mengatakan tindakan Nurkholik memang sempat dilaporkan ke Polres Blitar Kota. Namun oleh korban laporan itu dicabut.

"Intinya, dari Banser memohon pada kami untuk kasus yang pernah dilaporkan untuk diungkap kembali. Dulu sempat berhenti karena korban mencabut laporanya. Tadi sudah kita sanggupi asalkan korban mau melaporkanya lagi," jelas Son Haji.

Sementara untuk kasus yang menjerat H Isa Ansori dan Moh Nawawi sudah bukan menjadi kewenangan pihak kepolisian. Karena kasusnya sudah memasuki tahapan persidangan. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...