Kamis, 14 November 2019 05:16

Ratusan Anggota Banser Geruduk Mapolres Blitar Kota Protes Kriminalisasi Tokoh NU

Kamis, 12 September 2019 15:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Ratusan Anggota Banser Geruduk Mapolres Blitar Kota Protes Kriminalisasi Tokoh NU
Ratusan anggota Banser Kabupaten Blitar menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Blitar Kota, Kamis (12/9/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan anggota Banser Kabupaten Blitar menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Blitar Kota, Kamis (12/9/2019). Aksi unjuk rasa anggota Banser ini dilakukan sebagai bentuk protes kriminalisasi terhadap tokoh warga sekaligus tokoh NU Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Koordinator aksi Abdul Kholik mengatakan, ada dua tokoh masyarakat sekaligus tokoh NU yang saat ini statusnya sudah sebagai tersangka. Mereka adalah Moh Nawawi dan H Isa Ansori.

Padahal kedua tokoh ini sebelumnya membantu pihak kepolisian untuk melaporkan seorang warga bernama Nurkholik yang hendak mengusai aset tanah waqaf yang di atasnya berdiri sebuah mushala dan lembaga sekolah bersertifikat NU.

Tak hanya itu berdasarkan keterangan Abdul Kholik, pria bernama Nurkholik yang merupakan keluarga pemilik tanah yang diwaqafkan itu sering berbuat onar. Terakhir, Nurkholik sempat mendatangi pengurus yayasan sambil mengancam menggunakan senjata tajam berupa keris.

"Kami meminta berbagai macam tindakan yang dilakukan Nurkholik untuk ditindak. Sekarang Nurkholik masih bebas, sedangkan dua tokoh yang membantu pihak kepolisian dengan mengamankan Nurkholik justru ditetapkan tersangka dan saat ini sudah proses sidang," ungkap Abdul Kholik usai menggelar aksi unjuk rasa.

Para anggota Banser tiba di depan Mapolres Blitar Kota sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka mengendarai sejumlah sepeda motor dan mobil. Mereka langsung menggelar orasi di depan Mapolres Blitar Kota.

Para peserta aksi juga membawa spanduk yang bertuliskan nada protes.

Selain anggota Banser, juga terlihat sejumlah anggota Ansor dan Fatayat ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut. Sebelum ke Mapolres Blitar Kota, para peserta aksi juga mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Blitar. Mereka memberi dukungan dan mengawal persidangan H Isa Ansori yang digelar Kamis (12/9/2019).

Sementara Kasat Intelkam Polres Blitar Kota Iptu Son Haji mengatakan tindakan Nurkholik memang sempat dilaporkan ke Polres Blitar Kota. Namun oleh korban laporan itu dicabut.

"Intinya, dari Banser memohon pada kami untuk kasus yang pernah dilaporkan untuk diungkap kembali. Dulu sempat berhenti karena korban mencabut laporanya. Tadi sudah kita sanggupi asalkan korban mau melaporkanya lagi," jelas Son Haji.

Sementara untuk kasus yang menjerat H Isa Ansori dan Moh Nawawi sudah bukan menjadi kewenangan pihak kepolisian. Karena kasusnya sudah memasuki tahapan persidangan. (ina/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Rabu, 13 November 2019 10:38 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...