Selasa, 19 November 2019 01:58

Ribuan Warga Porak Gunugan Nanas di Lereng Kelud

Senin, 09 September 2019 17:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Ribuan Warga Porak Gunugan Nanas di Lereng Kelud
Ribuan warga Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri saat mengikuti kegiatan Festival Nanas Tahun 2019.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Kecamatan Ngancar mengikuti kegiatan Festival Nanas Tahun 2019 yang digelar di lapangan parkir Wisata Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Minggu (8/9). Sebayak 15 ribu nanas yang disusun dalam tumpeng nanas habis diserbu warga dalam waktu 15 menit.

Sebelum acara ‘porak’ nanas dilaksanakan, diawali dengan acara kirab kreasi kenduri nanas. Kirab ini diikuti 20 kontingen terdiri dari perwakilan desa, sekolah, koperasi, dan perusahaan swasta yang terdapat di Kecamatan Ngancar.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo, mengatakan kegiatan ini memasuki tahun keempat pelaksanaan Festival Kelud. Khusus pada pelaksanaan Festival nanas tahun ini, diberikan piala bergilir dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bagi juara kontingen kreasi nanas.

“Harapannya bisa meningkatkan semangat kreatifitas dari para peserta dalam membuat gunungan nanas. Dan kita bisa lihat kreasi para peserta begitu bagus dan kreatif,” jelas Anang.

“Pesan utama yang ingin disampikan dari kegiatan ini adalah bahwa wilayah Kabupaten Kediri terutama wisata gunung kelud merupakan sentra budidaya buah nanas yang berkualitas unggul. masuk tiga besar nasional sentra nanas di Indonesia. semoga lewat kegiatan ini berbagai peluang pengembangan dan kreasi pemberdayaan buah nanas maupun turunannya bisa berlanjut,” tambahnya.

Sebagai informasi piala bergilir Bupati Kediri kategori kreasi nanas diberikan kepada Desa Manggis, Kecamatan Ngancar. Piala diberikan langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Mamiek Amiyati.

Dalam kesempatan lain Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan pemerintah terus mendukung petani buah lokal khususnya nanas di Wilayah kabupaten Kediri. Salah satunya mempromosikan nanas kelud sebagai andalan lewat Festival Nanas. Di mana nantinya tercipta multi efek dari pariwisata dan pertanian Gunung Kelud bagi warga sekitar.

“Harapannya bisa merangsang masyarakat khususnya petani agar terus lebih giat membudidayakan nanas. Bergandengan dengan sektor pariwisata, nantinya wisatawan yang datang merasa belum lengkap, bila datang ke Kelud tidak membawa oleh-oleh nanas kelud. Akhirnya nanti masyarakat bisa bertambah sejahtera dari pertanian nanas dan hasil UMKM berbahan baku buah nanas. Konsepnya, menggulirkan roda perekonomian dengan mengembangkan salah satu potensi asli yang dimiliki wilayah tersebut,” terangnya. (adv/kominfo/rif)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...