Senin, 17 Mei 2021 04:47

Ribuan Warga Porak Gunugan Nanas di Lereng Kelud

Senin, 09 September 2019 17:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Ribuan Warga Porak Gunugan Nanas di Lereng Kelud
Ribuan warga Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri saat mengikuti kegiatan Festival Nanas Tahun 2019.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Kecamatan Ngancar mengikuti kegiatan Festival Nanas Tahun 2019 yang digelar di lapangan parkir Wisata Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Minggu (8/9). Sebayak 15 ribu nanas yang disusun dalam tumpeng nanas habis diserbu warga dalam waktu 15 menit.

Sebelum acara ‘porak’ nanas dilaksanakan, diawali dengan acara kirab kreasi kenduri nanas. Kirab ini diikuti 20 kontingen terdiri dari perwakilan desa, sekolah, koperasi, dan perusahaan swasta yang terdapat di Kecamatan Ngancar.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo, mengatakan kegiatan ini memasuki tahun keempat pelaksanaan Festival Kelud. Khusus pada pelaksanaan Festival nanas tahun ini, diberikan piala bergilir dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bagi juara kontingen kreasi nanas.

“Harapannya bisa meningkatkan semangat kreatifitas dari para peserta dalam membuat gunungan nanas. Dan kita bisa lihat kreasi para peserta begitu bagus dan kreatif,” jelas Anang.

BACA JUGA : 

Warga Klanderan Kediri Temukan Benda Diduga Cagar Budaya Saat Bersih-bersih Sungai

Bupati Kediri Resmikan Sanggar Kegiatan Belajar di Kecamatan Tarokan

Berkah Perajin Barongan di Tengah Pandemi, Dapat Pesanan dari Hongkong dan Malaysia

​Dorong Ekonomi Daerah, Bupati Kediri Resmikan Empat Pasar Tradisional

“Pesan utama yang ingin disampikan dari kegiatan ini adalah bahwa wilayah Kabupaten Kediri terutama wisata gunung kelud merupakan sentra budidaya buah nanas yang berkualitas unggul. masuk tiga besar nasional sentra nanas di Indonesia. semoga lewat kegiatan ini berbagai peluang pengembangan dan kreasi pemberdayaan buah nanas maupun turunannya bisa berlanjut,” tambahnya.

Sebagai informasi piala bergilir Bupati Kediri kategori kreasi nanas diberikan kepada Desa Manggis, Kecamatan Ngancar. Piala diberikan langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Mamiek Amiyati.

Dalam kesempatan lain Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan pemerintah terus mendukung petani buah lokal khususnya nanas di Wilayah kabupaten Kediri. Salah satunya mempromosikan nanas kelud sebagai andalan lewat Festival Nanas. Di mana nantinya tercipta multi efek dari pariwisata dan pertanian Gunung Kelud bagi warga sekitar.

“Harapannya bisa merangsang masyarakat khususnya petani agar terus lebih giat membudidayakan nanas. Bergandengan dengan sektor pariwisata, nantinya wisatawan yang datang merasa belum lengkap, bila datang ke Kelud tidak membawa oleh-oleh nanas kelud. Akhirnya nanti masyarakat bisa bertambah sejahtera dari pertanian nanas dan hasil UMKM berbahan baku buah nanas. Konsepnya, menggulirkan roda perekonomian dengan mengembangkan salah satu potensi asli yang dimiliki wilayah tersebut,” terangnya. (adv/kominfo/rif)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...