Selasa, 11 Agustus 2020 17:13

TNI Gelar Apel Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019

Kamis, 05 September 2019 22:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
TNI Gelar Apel Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin langsung Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latihan Gabungan TNI Tri Dharma Yudha 2019, yang dihelat di Dermaga Madura Ujung, Koarmada II, pada Kamis (5/9).

Latihan gabungan ini merupakan latihan guna menguji kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang dapat terjadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Pimpinan Apel. Karena itu latihan gabungan kali ini mengusung tema "Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Tema ini sangat tepat karena TNI senantiasa dituntut untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dihadapkan pada tuntutan interoperabilitas yang semakin tinggi," tandas Panglima TNI.

Lebih lanjut orang nomor satu di TNI ini menambahkan bahwa interoperabilitas seluruh aspek operasi merupakan sasaran yang ingin dicapai dalam latihan gabungan ini. Terlebih TNI saat ini terus memodernisasi alutsista secara bertahap.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI menekankan agar semua unsur pimpinan mampu melaksanakan perannya dengan baik, dan mengadakan evaluasi secara menyeluruh dan komprehensif bagi kemajuan TNI. Begitu halnya kepada prajurit TNI yang terlibat Latgab TNI Tri Dharma Yudha 2019, diharapkan dapat melaksanakan latihan dengan maksimal dan dengan penuh keseriusan sesuai tugas dan peran yang diemban.

Sementara itu, sekitar 1.500 prajurit TNI terlibat dalam apel gelar kesiapan, yang terdiri dari pasukan khusus TNI seperti Den Jaka, Den Bravo, Kopaska, Kopaskhas, dan Marinir. Juga yang tergabung dalam pasukan Komando Tugas Gabungan, serta awak kapal.

Selain pasukan, ikut digelar ratusan alutsista yang terdiri dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara (Pesud) dan Helikopter, dan material tempur lainnya seperti tank, kendaraan taktis, meriam, roket yang dikerahkan masing-masing angkatan untuk menyukseskan Latgab TNI Tri Dharma Yudha 2019.

Menurut rencana, serangkaian serial latihan akan dilaksanakan mulai tanggal 9 September 2019, hingga puncak pelaksanaan pada tanggal 12 September 2019 di Banongan Situbondo Jawa Timur, yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019, juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si., dan sejumlah pejabat TNI lainnya. (dev/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...