Lestarikan Jambu Moneng, Pemdes Simo Madiun Wajibkan Pengantin Baru Sumbang Dua Bibit

Lestarikan Jambu Moneng, Pemdes Simo Madiun Wajibkan Pengantin Baru Sumbang Dua Bibit Kepala Desa Simo di Kebun Bibut Jambu Moneng.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Simo, Kabupaten Madiun memiliki program untuk para pengantin baru yakni wajib menyumbangkan minimal 2 bibit pohon. Program ini juga merupakan upaya melestarikan keberdaan jambu moneng yang hampir punah.

Kepala Desa Simo, Heru Santoso mengatakan, Pemdes Simo juga mempunyai program yang peduli lingkungan dan juga memiliki rencana pembuatan kebun bibit buah.

"Kita melihat populasi jambu moneng hampir punah. Lita berpikir bagaimana bisa memunculkan lagi ikon jambu moneng sebab jambu ini juga sebagai ikon Kabupaten Madiun," urai Heru.

"Dari permasalahn itu kita memprogramkan kebun bibit, setelah itu kita memikirkan bagaimana mencari konsumennya. Nah konsumennya kita wajibkan dari warga yang akan menikah dengan membeli bibit jambu moneng dan lokus nanamnya juga di lahan mereka," tambahnya.

Lebih lanjut dia berharap dari program bibit ini akan banyak lahan kosong menjadi produktif tentunya akan menambah pendapatan warga desa.

"Lahan- lahan kering di kita banyak, jika tanaman jambu moneng ini sudah banyak tertanam tentunya akan menambah pendapatan warga kita dan jika semua nampak hasilnya, pasti semua akan mendukung demi program ini, tapi kita harus bersabar dan berupaya terus demi desa Simo," tandas kades. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO