Selasa, 29 September 2020 23:41

Bawa Sajam, Lakukan Penjarahan, dan Rusak Ratusan Kendaraan, 53 Supporter Diamankan

Selasa, 03 September 2019 19:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Bawa Sajam, Lakukan Penjarahan, dan Rusak Ratusan Kendaraan, 53 Supporter Diamankan
Puluhan supporter diamankan di Mapolres Kediri Kota. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri Kota mengamankan sedikitnya 53 oknum supporter yang terindikasi menjadi provokator dan membawa sejumlah benda tajam dalam kericuhan saat Persik Kediri melawan PSIM Yogyakarta, Senin (2/9) sore. Pertandingan lanjutan laga kompetisi sepakbola Liga 2 Indonesia 2019 itu berlangsung di Stadion Brawijaya Kota Kediri.

Dari 53 supporter yang diamankan, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya celurit, katana atau pedang, tongkat baseball, cutter, ketapel, dll.

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi mengatakan, meski telah mengamankan 53 supporter, namun pihaknya belum menetapkan keseluruhan supporter ini untuk dijadikan tersangka dalam kejadian kericuhan kemarin.

“53 supporter ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Bagaimana kita nanti akan dalami dari masing-masing peran mereka seperti apa, termasuk berapa orang yang nantinya akan kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolres dalam jumpa pers, Selasa (3/9).

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, beberapa barang bukti yang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian berasal dari adanya sweeping terhadap barang bawaan supporter, termasuk isi kendaraan. “Dari hasil sweeping kita dapatkan banyak barang bukti yang dipergunakan supporter ini untuk tawuran. Ada yang kita temukan dari dalam kendaraan supporter, ada juga yang dibuang secara disengaja di lokasi tempat kejadian perkara,” ungkapnya.

Sementara itu atas terjadinya kericuhan tersebut, Kapolres Kediri Kota menerangkan setidaknya ada 231 kendaraan motor dan 3 mobil yang terparkir di area Taman Tirtayasa Park mengalami kerusakan. Baik mengalami rusak berat maupun rusak ringan akibat amukan supporter yang beringas.

“Ada 231 motor dan 3 mobil yang dirusak. Sedangkan kepemilikan dari keseluruhan kendaraan tersebut bervariatif, ada milik supporter PSIM, dan ada juga milik Persik Kediri,” bebernya.

Selain kendaraan, beberapa sarana prasarana tempat wisata Tirtayasa Park yang berdekatan dengan Stadion Brawijaya juga mengalami kerusakan. “Seperti 5 CCTV yang rusak, komputer loket, beserta uang di dalam kasir yang hilang dan fasilatas umum lainnya,” imbuh Kapolres.

Tidak hanya itu, lampu taman, pagar pembatas juga rusak. Ratusan sepeda motor milik para supporter juga ditemukan dalam keadaan hancur dan ambruk lantaran dirusak oleh beberapa oknum supporter.

Nazar Aziz, Head Manager Taman Tirtayasa Park Kota Kediri, mengaku mengalami kerugian kurang lebih Rp 50 juta akibat kericuhan tersebut. “Kurang lebih Rp 50 juta. Perusakan yang dilakukan oleh supporter sendiri seperti CCTV, tong sampah, maupun sarpras lainnya,” ujarnya.

Atas kejadian yang menimpanya, ia mengatakan ke depan jajaran manajemen Tirtayasa Park akan lebih berhati-hati apabila Persik Kediri bermain di kandang. Ia berniat tak lagi memberikan izin bagi supporter Persik untuk memarkirkan kendaraannya di lokasi Tirtayasa Park.

“Ke depan ini (larangan parkir) akan kami berlakukan, menyusul adanya kejadian kericuhan kemarin. Jadi kita nanti akan berkoordinasi dengan pihak manajemen Persik Kediri untuk menanyakan terkait jadwal pertandingan kandang Persik Kediri itu kapan saja,” terangnya. (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...