Bawa Sajam, Lakukan Penjarahan, dan Rusak Ratusan Kendaraan, 53 Supporter Diamankan

Bawa Sajam, Lakukan Penjarahan, dan Rusak Ratusan Kendaraan, 53 Supporter Diamankan Puluhan supporter diamankan di Mapolres Kediri Kota. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri Kota mengamankan sedikitnya 53 oknum supporter yang terindikasi menjadi provokator dan membawa sejumlah benda tajam dalam kericuhan saat melawan PSIM Yogyakarta, Senin (2/9) sore. Pertandingan lanjutan laga kompetisi sepakbola Indonesia 2019 itu berlangsung di Stadion Brawijaya Kota Kediri.

Dari 53 supporter yang diamankan, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya celurit, katana atau pedang, tongkat baseball, cutter, ketapel, dll.

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi mengatakan, meski telah mengamankan 53 supporter, namun pihaknya belum menetapkan keseluruhan supporter ini untuk dijadikan tersangka dalam kejadian kericuhan kemarin.

“53 supporter ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Bagaimana kita nanti akan dalami dari masing-masing peran mereka seperti apa, termasuk berapa orang yang nantinya akan kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolres dalam jumpa pers, Selasa (3/9).

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, beberapa barang bukti yang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian berasal dari adanya sweeping terhadap barang bawaan supporter, termasuk isi kendaraan. “Dari hasil sweeping kita dapatkan banyak barang bukti yang dipergunakan supporter ini untuk tawuran. Ada yang kita temukan dari dalam kendaraan supporter, ada juga yang dibuang secara disengaja di lokasi tempat kejadian perkara,” ungkapnya.

Sementara itu atas terjadinya kericuhan tersebut, Kapolres Kediri Kota menerangkan setidaknya ada 231 kendaraan motor dan 3 mobil yang terparkir di area Taman Tirtayasa Park mengalami kerusakan. Baik mengalami rusak berat maupun rusak ringan akibat amukan supporter yang beringas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO