Kamis, 09 Juli 2020 22:16

Tambah Skill Anak, Risma Launching KPKAS dan Siapkan 11 Pelatihan Non Akademis

Kamis, 29 Agustus 2019 00:22 WIB
Editor: Yudi Arianto
Tambah Skill Anak, Risma Launching KPKAS dan Siapkan 11 Pelatihan Non Akademis
Wali Kota Risma saat Launching Pelatihan Kreativitas Anak, Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo (KPKAS), di Taman Surya Balai Kota, Rabu (28/08/2019).

SURABAYA, BANGSOANLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan 11 pelatihan non akademis bagi pelajar Surabaya. Secara simbolis, program pelatihan tersebut dibuka dengan bersamaan kegiatan Launching Pelatihan Kreativitas Anak, Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo (KPKAS), di Taman Surya Balai Kota, Rabu (28/08/2019).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah Pemkot Surabaya ingin menggali potensi anak-anak kampung non akademik. Sehingga diharapkan nantinya kegiatan ini mampu menambah skill mereka agar menjadi profesional di bidang yang diminati.

“Anak-anakku, jadi kalian berada di sekolah itu sepertiga dari 24 jam. Sementara itu, 16 jamnya lagi kalian berada di luar sekolah. Itulah mengapa ibu membuatkan pelatihan non akademis agar kegiatan di luar sekolah tetap bermanfaat dan positif,” kata Risma.

Menurutnya, di era saat ini, anak-anak harus diselamatkan dengan mengarahkan ke dalam sebuah kegiatan yang positif, Salah satunya adalah melalui platihan non akademis. “Lingkungan sekitar itu sangat berpengaruh, lingkungan keluarga bahkan lingkungan kampung juga sangat berpengaruh,” ujarnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga mengimbau kepada para orang tua dan guru-guru yang ada di sekolah agar mendukung penuh dengan cara memberikan ruang. Sebab menurutnya, ruang itulah yang sangat dibutuhkan mereka.

“Nantinya dari kegiatan ini saya sangat berharap anak-anak akan menjadi luar biasa, saya percaya bisa asal kita mau berusaha,” terangnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Chandra Oratmangun mengatakan, ada 11 kegiatan pelatihan non akademis yang bakal dimulai akhir bulan ini, yakni 30 Agustus – November 2019.

“Nanti supaya tidak menganggu sekolah, kita agendakan akhir pekan, sabtu dan minggu. Selebihnya mereka bisa belajar sendiri di rumahnya,” kata Chandra.

Ia menjelaskan, 11 pelatihan yang nantinya akan diikuti lebih dari 425 anak ini, dibagi sesuai apa yang mereka minati. Seperti, pelatihan chef, vlogger, reporter, stand up comedy, menyanyi/menari, enterpreneurship, melukis/membatik, dai cilik, mendongeng.

”Kemudian menulis puisi, cerpen. Mereka bebas memilih apa yang mereka butuhkan. Mereka sangat antusias terbukti dari jumlah peserta yang masih terus bertambah,” jelasnya.

Ia menambahkan dari hasil pelatihan itu, Pemkot Surabaya juga menyiapkan Awarding KPKAS untuk peserta. “Ini dilakukan setelah semuanya selesai, tujuannya untuk mengapresiasi usaha mereka sekaligus memastikan sejauh mana skill yang dimiliki bidang yang sudah dipelajari itu,” imbuhnya.

Kegiatan ini sebelumnya dibuka dengan penampilan-penampilan dari pelajar SD sampai SMP se-Surabaya. Mulai dari paduan suara, musik gamelan, sampai tari-tarian tradisional dan modern. (ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...