Sabtu, 19 Oktober 2019 07:32

Sediakan 1.150 Lowongan, Pemkot Surabaya Kembali Buka Bursa Kerja Terbuka

Kamis, 22 Agustus 2019 00:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Sediakan 1.150 Lowongan, Pemkot Surabaya Kembali Buka Bursa Kerja Terbuka
Para pencaker sedang mengantre masuk Gedung Wanita Candra Kencana Jalan Kalibokor Selatan Surabaya, tempat digelarnya Bursa Kerja Terbuka tersebut. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Pemkot kembali menggelar Bursa Kerja Terbuka bersinergi dengan 40 perusahaan swasta.

Asisten Perekenomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, M Taswin berkesempatan membuka kegiatan yang berlangsung selama dua hari,21-22 Agustus 2019 di Gedung Wanita Candra Kencana Jalan Kalibokor Selatan Surabaya ini.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih atas kerjasama perusahaan-perusahaan yang sudah tergabung dalam Bursa Kerja Terbuka 2019 ini. Menurutnya, di era industri 4.0, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki multi skill.

“Kita sama-sama tahu di kondisi yang semakin global ini, persaingan semakin kompetitif. Tenaga yang dibutuhkan harus benar-benar punya kualitas. Apalagi saat ini sudah masuk industri kreatif 4.0,” kata Taswin.

Ia menyebut, salah satu contoh penerapan industri 4.0 adalah sistem pembayaran tol yang menggunakan e-money. Selain itu, berbagai layanan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat juga sudah tersedia. Hal ini pastinya berdampak pada efisiensi tenaga kerja.

“Hal-hal semacam itu yang tidak saya duga sebelumnya, untuk itu persaingan yang semakin ketat ini saya berharap pencaker juga menyiapkan skill pendukung lain agar dapat diperhitungkan,” terangnya.

Karena itu, agar para pencaker mendapat keahlian lain, pihaknya meminta kepada semua peserta supaya peka terhadap peluang yang ada di sekitar.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Surabaya, Wieke Widyawati mengatakan, dalam hari ini jumlah peserta mencapai 4.211 pencaker. Peserta tersebut tidak hanya dari Kota Surabaya saja, namun diikuti umum dari berbagai kota.

“Selama dua hari ini menurut angka pendaftaran mencapai 7.300 pencaker. Namun yang asli pendaftar dari warga Surabaya sebanyak 2.652,” kata Weike.

Total lowongan pekerjaan yang dibutuhkan pada 40 perusahaan tersebut adalah 1.150. Maka dari itu, pihaknya berharap agar pencaker dapat berkompetisi dengan maksimal di kesempatan ini. 

“Mudah-mudahan mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya, dan perusahaan juga mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan,” kata Wieke.

Menurutnya, Bursa Kerja Terbuka kali ini pesertanya terbanyak dibandingkan sebelumnya. Kenaikannya mencapai 1.000 peserta, dibandingkan Bursa Kerja Terbuka yang digelar sebelum-sebelumnya. (ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...