Jumat, 21 Februari 2020 17:27

​Cara Cek dan Bayar PBB Via Online

Senin, 19 Agustus 2019 00:52 WIB
Editor: Redaksi
​Cara Cek dan Bayar PBB Via Online
Ilustrasi

BANGSAONLINE.com - PBB, atau Pajak Bumi dan Bangunan, adalah pajak yang wajib dibayar setiap tahunnya. Pajak terhadap objek berupa tanah dan bangunan ini diatur dalam Undang-undang No. 12 tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Dulu, bayar PBB harus dilakukan di kantor pajak. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, khususnya teknologi pembayaran, pembayaran PBB jadi semakin mudah. Semakin praktis. Kini, Anda bisa mengecek nominal pajak via online. Bayar pajaknya pun bisa dilakukan via online.

Cara cek PBB online

Kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah urusan bayar-membayar PBB. Agar tidak tenggat waktu pembayaran dan akhirnya terkena denda, berikut adalah langkah-langkah mengecek PBB via internet:

1. Carilah situs resmi

Setiap daerah memiliki situs resmi yang bisa dikunjungi. Misalnya, Bekasi memiliki alamat situs pbb.bekasikota.go.id/pbb, Semarang di e-pbb.bapenda.sema-rangkota.go.id, Bogor di pbb.kabbogor.net/login, atau Depok di pbb-bphtb.depok.go.id:8081/CEKPBB.

2. Masukan Nomor Objek Pajak (NOP)

Setelah mengakses situs tersebut, isi kolom yang tersedia. Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) yang kita miliki untuk masuk. Namun, ada pula situs yang harus menggunakan ID dan password.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengecek tagihan PBB dengan mengunduh aplikasi PBB di Google PlayStore. Atau, bisa mengeceknya melalui layanan short message service (sms). Dengan adanya berbagai kemudahan tersebut, tak ada alasan bagi Anda untuk lalai bayar pajak.

Cara membayar PBB

Setelah mengecek tagihan PBB, jangan lupa juga untuk segera melunasinya. Sebelum membayar, tentu Anda harus mendaftarkan objek pajak terlebih dulu.

Berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, yaitu pajak.go.id, subjek PBB harus mendaftarkan objek pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Untuk mendaftarkannya, masyarakat bisa menggunakan formulir Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) yang ada di KPP atau KP2KP.

PBB sifatnya wajib sehingga semua pemilik bangunan harus melunasinya sebelum jatuh tempo, yaitu 31 Agustus. Orang yang tidak melunasi PBB akan diganjar denda sekitar 2% setiap bulan. Ini seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.03/2016. Jadi, semakin lama menunda pembayaran dan menunggak, tentu jumlah denda akan semakin besar.

Cara bayar PBB via ATM

Salah satu kanal pembayaran PBB adalah melalui ATM. Hampir semua bank melayani pembayaran PBB. Secara umum, cara pembayaran PBB melalui ATM adalah sebagai berikut :

- Carilah menu Pembayaran

- Pilih opsi Pajak

- Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP)

- Masukkan tahun pembayaran PBB

- Setelah itu, akan tertera informasi mengenai objek pajak, tagihan, dan namanya

- Periksa informasi tersebut

- Tekan Bayar jika informasi tersebut sesuai dengan data Anda

- Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran

Pembayaran melalui ATM memang praktis. Namun, ada yang lebih praktis lagi. Salah satu cara pembayaran PBB yang paling praktis adalah melalui situs Traveloka. Melalui menu Tagihan & Isi Ulang, Anda bisa membayar berbagai macam tagihan, termasuk PBB.

Caranya pun praktis dan cepat. Anda hanya perlu membuka Traveloka melalui desktop atau aplikasi. Lalu, pilih PBB dari drop down menu yang ada. Setelah itu, situs yang terkenal dengan pelayanan pemesanan tiket dan akomodasi ini akan membimbing Anda untuk mengisi data dan melunasi tagihan PBB.

Hanya dalam beberapa klik dan beberapa menit, Anda sudah bisa tenang karena pajak tahunan PBB Anda sudah terbayar lunas. Kalau mau tahu lebih lanjut, cek info layanan dan pembayaran pajak PBB online di Traveloka.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...