Sabtu, 21 September 2019 21:25

​Cara Cek dan Bayar PBB Via Online

Senin, 19 Agustus 2019 00:52 WIB
Editor: Redaksi
​Cara Cek dan Bayar PBB Via Online
Ilustrasi

BANGSAONLINE.com - PBB, atau Pajak Bumi dan Bangunan, adalah pajak yang wajib dibayar setiap tahunnya. Pajak terhadap objek berupa tanah dan bangunan ini diatur dalam Undang-undang No. 12 tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Dulu, bayar PBB harus dilakukan di kantor pajak. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, khususnya teknologi pembayaran, pembayaran PBB jadi semakin mudah. Semakin praktis. Kini, Anda bisa mengecek nominal pajak via online. Bayar pajaknya pun bisa dilakukan via online.

Cara cek PBB online

Kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah urusan bayar-membayar PBB. Agar tidak tenggat waktu pembayaran dan akhirnya terkena denda, berikut adalah langkah-langkah mengecek PBB via internet:

1. Carilah situs resmi

Setiap daerah memiliki situs resmi yang bisa dikunjungi. Misalnya, Bekasi memiliki alamat situs pbb.bekasikota.go.id/pbb, Semarang di e-pbb.bapenda.sema-rangkota.go.id, Bogor di pbb.kabbogor.net/login, atau Depok di pbb-bphtb.depok.go.id:8081/CEKPBB.

2. Masukan Nomor Objek Pajak (NOP)

Setelah mengakses situs tersebut, isi kolom yang tersedia. Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) yang kita miliki untuk masuk. Namun, ada pula situs yang harus menggunakan ID dan password.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengecek tagihan PBB dengan mengunduh aplikasi PBB di Google PlayStore. Atau, bisa mengeceknya melalui layanan short message service (sms). Dengan adanya berbagai kemudahan tersebut, tak ada alasan bagi Anda untuk lalai bayar pajak.

Cara membayar PBB

Setelah mengecek tagihan PBB, jangan lupa juga untuk segera melunasinya. Sebelum membayar, tentu Anda harus mendaftarkan objek pajak terlebih dulu.

Berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, yaitu pajak.go.id, subjek PBB harus mendaftarkan objek pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Untuk mendaftarkannya, masyarakat bisa menggunakan formulir Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) yang ada di KPP atau KP2KP.

PBB sifatnya wajib sehingga semua pemilik bangunan harus melunasinya sebelum jatuh tempo, yaitu 31 Agustus. Orang yang tidak melunasi PBB akan diganjar denda sekitar 2% setiap bulan. Ini seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.03/2016. Jadi, semakin lama menunda pembayaran dan menunggak, tentu jumlah denda akan semakin besar.

Cara bayar PBB via ATM

Salah satu kanal pembayaran PBB adalah melalui ATM. Hampir semua bank melayani pembayaran PBB. Secara umum, cara pembayaran PBB melalui ATM adalah sebagai berikut :

- Carilah menu Pembayaran

- Pilih opsi Pajak

- Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP)

- Masukkan tahun pembayaran PBB

- Setelah itu, akan tertera informasi mengenai objek pajak, tagihan, dan namanya

- Periksa informasi tersebut

- Tekan Bayar jika informasi tersebut sesuai dengan data Anda

- Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran

Pembayaran melalui ATM memang praktis. Namun, ada yang lebih praktis lagi. Salah satu cara pembayaran PBB yang paling praktis adalah melalui situs Traveloka. Melalui menu Tagihan & Isi Ulang, Anda bisa membayar berbagai macam tagihan, termasuk PBB.

Caranya pun praktis dan cepat. Anda hanya perlu membuka Traveloka melalui desktop atau aplikasi. Lalu, pilih PBB dari drop down menu yang ada. Setelah itu, situs yang terkenal dengan pelayanan pemesanan tiket dan akomodasi ini akan membimbing Anda untuk mengisi data dan melunasi tagihan PBB.

Hanya dalam beberapa klik dan beberapa menit, Anda sudah bisa tenang karena pajak tahunan PBB Anda sudah terbayar lunas. Kalau mau tahu lebih lanjut, cek info layanan dan pembayaran pajak PBB online di Traveloka.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...