Hepatitis A Lewat, Pacitan Aman Dikunjungi

Hepatitis A Lewat, Pacitan Aman Dikunjungi Kegiatan deklarasi dari sejumlah lembaga di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten saat ini sudah aman dikunjungi. Soal paparan Hepatitis A sejauh ini sudah terkendali. Bahkan ribuan pasien yang positif terjangkiti penyakit yang menyerang fungsi hati tersebut, dinyatakan sembuh. Karena itu, semua pihak diharapkan bisa memberikan pemahaman ke masyarakat luas kalau penyakit Hepatitis A itu merupakan penyakit ringan dan dapat dengan mudah disembuhkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Danur Suprapto, Panitia Penyelenggara "Deklarasi Antar Lintas Lembaga Hepatitis Ditangani, Menuju Zero Hepatitis. ( Sudah Aman Dikunjungi, Ayo Berkunjung Ke )," Sabtu (10/8).

"KLB Hepatitis A sudah lewat, sehingga aman dikunjungi," ujar Danur.

Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten , Agus Subianto. Menurut Agus yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kebonagung tersebut, serangan Hepatitis A merupakan siklus lima tahunan.

"Lima tahun sebelumnya, juga pernah terjadi di Ngadirojo," kata Agus di kesempatan yang sama.

Agus menegaskan, Hepatitis A memang penyakit ringan, namun penularannya sangat cepat. Jalurnya hanya satu, yakni lewat mulut, masuk ke mulut dan keluar lewat dubur. Hanya saja masalahnya, yang keluar dari dubur ini yang tidak disadari.

Lebih lanjut Agus menerangkan, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Hepatitis A. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh si penderita.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO