Sabtu, 21 September 2019 10:50

Pemkot Pasuruan Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Kerja Sama Tahun 2019

Jumat, 09 Agustus 2019 11:17 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Supardi
Pemkot Pasuruan Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Kerja Sama Tahun 2019
Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan sosialisasi dan pembinaan kerja sama di Hotel Horissson Pasuruan, Selasa-Rabu,  tanggal 6 Agustus - 7 Agustus 2019.

Peserta sosialisasi dan pembinaan kerjasama tahun 2019 ini adalah pejabat Eselon IV untuk Bagian dan Eselon III untuk Dinas / Badan / Inspektorat / Sekretariat Dewan dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Pasuruan sebanyak 35 orang.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM, didampingi narasumber dari Badan Pengembangn SDM Provinsi Jawa Timur Prof. Dr.T. Kuncoro, M.Si, Kepala Dinas / Badan / Kantor / Bagian di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan serta peserta sosialisasi.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kota Pasuruan Ir. Sahari Putro, MM mengatakan, maksud dan tujuan kerjasama daerah adalah kerjasama yang dilakukan dengan daerah lain maupun dengan pihak ketiga yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik.

Maksud diselenggarakannya sosialisasi dan pembinaan kerjasama 2019 ini adalah untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan kejasama baik antar daerah maupun dengan pihak ketiga serta pemahaman terkait regulasi bidang kerjasama kepada aparatur organisasi perangkat daerah (OPD) berdasarkan potensi yang dimiliki masing-masing OPD guna meningkatkan pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan.

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi dan pembinaan kerjasama tahun 2019 ini adalah memberikan pengetahuan tata cara kerjasama luar negeri dan antar daerah serta pihak ketiga untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian daerah kepada peserta dari masing–masing organisasi perangkat daerah (OPD),” terangnya.

Selanjutnya, memberikan inovasi pada aparatur organisasi perangkat daerah (OPD) agar mampu melakukan inovasi pengembangan potensinya melalui kerjasama baik luar negeri, antar daerah maupun dengan pihak ketiga, sehingga dapat menambah daya dukung bagi tumbuhnya minat para investor berinvestasi di Kota Pasuruan

“Kemudian, meningkatkan sumber daya aparatur Pemerintah Kota Pasuruan dalam pelaksanaan kerjasama berdasarkan potensi pada masing – masing OPD, sehingga produk kerjasama yang yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secarta yuridis formal. Nara sumber dari Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengembangn SDM Provinsi Jawa Timur,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM mengharapkan pada semua peserta yang mewakili dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) agar mampu melakukan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing OPD.

Misalnya pengembangan wisata dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti kelurahan wisata, sadar wisata maupun pengembangan lainnya. Pengembangan wisata tidak bisa dilakukan hanya oleh Disperindag maupun Disparpora saja tetapi diperlukan kerjasama melalui lintas sektoral dengan pihak ketiga maupun antar daerah.

Sebelum sambutan didahului dengan penyerahan buku Quantum Leadership karya Prof. Dr.T. Kuncoro, M.Si kepada Sekretaris Daerah Kota Pasuruan. Sedangkan seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber. (par/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...