Minggu, 23 Februari 2020 21:43

Pemkot Pasuruan Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Kerja Sama Tahun 2019

Jumat, 09 Agustus 2019 11:17 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Supardi
Pemkot Pasuruan Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Kerja Sama Tahun 2019
Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan sosialisasi dan pembinaan kerja sama di Hotel Horissson Pasuruan, Selasa-Rabu,  tanggal 6 Agustus - 7 Agustus 2019.

Peserta sosialisasi dan pembinaan kerjasama tahun 2019 ini adalah pejabat Eselon IV untuk Bagian dan Eselon III untuk Dinas / Badan / Inspektorat / Sekretariat Dewan dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Pasuruan sebanyak 35 orang.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM, didampingi narasumber dari Badan Pengembangn SDM Provinsi Jawa Timur Prof. Dr.T. Kuncoro, M.Si, Kepala Dinas / Badan / Kantor / Bagian di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan serta peserta sosialisasi.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kota Pasuruan Ir. Sahari Putro, MM mengatakan, maksud dan tujuan kerjasama daerah adalah kerjasama yang dilakukan dengan daerah lain maupun dengan pihak ketiga yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik.

Maksud diselenggarakannya sosialisasi dan pembinaan kerjasama 2019 ini adalah untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan kejasama baik antar daerah maupun dengan pihak ketiga serta pemahaman terkait regulasi bidang kerjasama kepada aparatur organisasi perangkat daerah (OPD) berdasarkan potensi yang dimiliki masing-masing OPD guna meningkatkan pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan.

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi dan pembinaan kerjasama tahun 2019 ini adalah memberikan pengetahuan tata cara kerjasama luar negeri dan antar daerah serta pihak ketiga untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian daerah kepada peserta dari masing–masing organisasi perangkat daerah (OPD),” terangnya.

Selanjutnya, memberikan inovasi pada aparatur organisasi perangkat daerah (OPD) agar mampu melakukan inovasi pengembangan potensinya melalui kerjasama baik luar negeri, antar daerah maupun dengan pihak ketiga, sehingga dapat menambah daya dukung bagi tumbuhnya minat para investor berinvestasi di Kota Pasuruan

“Kemudian, meningkatkan sumber daya aparatur Pemerintah Kota Pasuruan dalam pelaksanaan kerjasama berdasarkan potensi pada masing – masing OPD, sehingga produk kerjasama yang yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secarta yuridis formal. Nara sumber dari Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengembangn SDM Provinsi Jawa Timur,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, MM mengharapkan pada semua peserta yang mewakili dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) agar mampu melakukan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing OPD.

Misalnya pengembangan wisata dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti kelurahan wisata, sadar wisata maupun pengembangan lainnya. Pengembangan wisata tidak bisa dilakukan hanya oleh Disperindag maupun Disparpora saja tetapi diperlukan kerjasama melalui lintas sektoral dengan pihak ketiga maupun antar daerah.

Sebelum sambutan didahului dengan penyerahan buku Quantum Leadership karya Prof. Dr.T. Kuncoro, M.Si kepada Sekretaris Daerah Kota Pasuruan. Sedangkan seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber. (par/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...