Rapat Koordinasi, Sekda Kota Pasuruan Minta Humas Sediakan Informasi Seluas-luasnya

Rapat Koordinasi, Sekda Kota Pasuruan Minta Humas Sediakan Informasi Seluas-luasnya Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. saat membuka Rakor Bakohumas.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi Bakohumas (Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat) Tahun 2019, Kamis (8/8).

Acara yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu (7/8) sampai dengan hari Jum’at (9/8) bertempat di Hotel Pelangi Malang Jalan Merdeka 3 Selatan Kota Malang dibuka secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, serta Camat se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Sekda meminta tiap-tiap OPD mulai merubah paradigma menjadi sebuah organisasi yang terbuka. Konsekuensi logis dari perubahan paradigma ini adalah kesiapan aparatur Pemerintah Daerah untuk dievaluasi, dikritik, dan dikoreksi oleh masyarakat yang dilayani.

"Namun adanya keterbukaan ini menjadi awal dimulainya sebuah civil society, yakni adanya keterlibatan masyarakat baik secara aktif maupun pasif dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Keberadaan Humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra, dan komunikasi mutual benefit relationship," tuturnya.

Sementara untuk berkomunikasi dengan publik, Sekda meminta Humas bisa mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial, ataupun dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan progam kegiatan terkini yang dilaksanakan masing-masing Perangkat Daerah.

"Humas juga harus menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan publik," tambahnya.

Apalagi, lanjut Sekda, Humas juga berfungsi untuk mengetahui dan mengevaluasi opini-opini publik yang berkaitan dengan pemerintahan/OPD, serta memanfaatkan komunikasi sebagai media untuk memberikan informasi yang sesuai dengan fakta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO