Selasa, 17 September 2019 12:29

Rapat Koordinasi, Sekda Kota Pasuruan Minta Humas Sediakan Informasi Seluas-luasnya

Kamis, 08 Agustus 2019 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Rapat Koordinasi, Sekda Kota Pasuruan Minta Humas Sediakan Informasi Seluas-luasnya
Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. saat membuka Rakor Bakohumas.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi Bakohumas (Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat) Tahun 2019, Kamis (8/8).

Acara yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu (7/8) sampai dengan hari Jum’at (9/8) bertempat di Hotel Pelangi Malang Jalan Merdeka 3 Selatan Kota Malang dibuka secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, serta Camat se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Sekda meminta tiap-tiap OPD mulai merubah paradigma menjadi sebuah organisasi yang terbuka. Konsekuensi logis dari perubahan paradigma ini adalah kesiapan aparatur Pemerintah Daerah untuk dievaluasi, dikritik, dan dikoreksi oleh masyarakat yang dilayani.

"Namun adanya keterbukaan ini menjadi awal dimulainya sebuah civil society, yakni adanya keterlibatan masyarakat baik secara aktif maupun pasif dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Keberadaan Humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra, dan komunikasi mutual benefit relationship," tuturnya.

Sementara untuk berkomunikasi dengan publik, Sekda meminta Humas bisa mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial, ataupun dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan progam kegiatan terkini yang dilaksanakan masing-masing Perangkat Daerah.

"Humas juga harus menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan publik," tambahnya.

Apalagi, lanjut Sekda, Humas juga berfungsi untuk mengetahui dan mengevaluasi opini-opini publik yang berkaitan dengan pemerintahan/OPD, serta memanfaatkan komunikasi sebagai media untuk memberikan informasi yang sesuai dengan fakta.

"Untuk itu saya tekankan, manfaatkan semaksimal mungkin website Perangkat Daerah yang sudah tersedia sebagai media komunikasi dengan masyarakat dan memberikan informasi yang cepat dan akurat, karena masih banyak website Perakat Daerah yang tidak update. Melihat tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap personel kehumasan di setiap OPD yaitu personel yang ditunjuk sebagai PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi haruslah benar-benar orang yang memiliki kemampuan komunikasi inter personel yang baik. Setidaknya yang bersangkutan mengetahui seluk-beluk di bidang media massa," tambahnya.

"Karena itu, dalam kesempatan ini saya berpesan kepada saudara-saudara untuk memanfaatkan waktu yang singkat ini agar sungguh-sungguh mengikuti rapat koordinasi ini. Sehingga dapat memahami dan menyamakan persepsi di bidang kehumasan di masing- masing OPD menyangkut informasi mulai dari penyimpanan, penyampaian, pendokumentasian sampai pada pengamanan informasi," pungkasnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Pasuruan Drs. Sugeng Winarto, M.M. menyampaikan maksud diselenggarakan kegiatan ini, untuk meningkatkan sumber daya Bakohumas di bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi, sehingga diperlukan strategi terhadap permohonan informasi.

"Tujuan meningkatkan kualitas badan publik di bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi secara profesional," pungkasnya.

Peserta rapat Bakohumas ini berjumlah 41 orang dari perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Narasumber untuk kegiatan Rapat Bakohumas Kota Pasuruan Tahun 2019 berasal dari Kominfo Provinsi Jawa Timur, Badan Diklat Provinsi Jawa Timur dan Stikosa-AWS Surabaya,“ ujarnya. (ard/par/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...