Minggu, 18 Agustus 2019 04:40

Dengan Keunikannya, KRI Dewaruci Ikut Sukseskan Manado Fiesta 2019 dan Rekor Selam Dunia

Rabu, 07 Agustus 2019 14:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Dengan Keunikannya, KRI Dewaruci Ikut Sukseskan Manado Fiesta 2019 dan Rekor Selam Dunia
KRI Dewaruci saat mengikuti Manado Fiesta 2019.

MANADO, BANGSAONLINE.com - KRI Dewaruci, kapal legendaris yang berada di jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Komando Armada II dengan segala keunikannya ikut serta menyukseskan Manado Fiesta 2019 sebagai gelaran pesta perayaan ulang tahun Kota Manado.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah keterlibatan Dewaruci dalam acara pemecahan rekor dunia (Guiness World of Record) atas 3 kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas Selam. Tiga rekor tersebut yakni pertama Penyelaman massal terbanyak sejumlah 3.000 orang, di mana rekor dunia sebelumnya 2.465 penyelam di Pantai Malalayang Manado tahun 2009.

Kedua Pembentangan Bendera Terbesar di bawah air, rekor dunia sebelumnya oleh Australia tahun 2017. Ketiga Rangkaian Penyelam Terpanjang di bawah air. Rekor dunia sebelumnya oleh Amerika tahun 2018.

Dalam ajang tersebut, KRI Dewaruci menjadi latar belakang kegiatan pemecahan rekor dunia yang juga ikut disaksikan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si bersama Danlantamal VII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud., Bahkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang turut hadir menyaksikan, menyempatkan diri bersama Ketua Umum Bhayangkari mengunjungi Sang Legendaris.

Selama keberadaannya di kota dengan julukan Kota Tinotuan ini, Dewaruci juga ikut mendukung kegiatan bela negara yang digelar oleh Lantamal VIII Manado melalui Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2019, dengan jumlah peserta 51 orang, terdiri dari 40 siswa-siswi SMP dan SMA se-Manado beserta pendamping.

Selama pelayaran menuju Bitung, peserta BJRB dikenalkan tentang KRI Dewaruci, dan diisi dengan lomba yel-yel. Sebelum merapat, siswa-siswi dilatih untuk Peran Parade Roll, yaitu menempatkan posisi naik di atas tangga di 3 tiang KRI Dewaruci.

Sore itu juga KRI Dewaruci memasuki alur Bitung di Selat Lembeh, jarak kurang 1 mil dari dermaga peserta BJRB melaksanakan Peran Parade Roll. Komandan KRI Dewaruci Mayor Laut (P) Hastaria mengatakan, para siswa-siswi sangat senang sekali bisa naik ke atas. "Kita tetap tekankan faktor keselamatan," ujarnya.

Masih dalam rangkaian Manado Fiesta 2019, KRI Dewaruci kembali menjadi jujukan para pejabat teras setempat. Kali ini KRI Dewaruci melaksanakan Joy Sailling dengan Forkopimda Manado, pejabat dari Lantamal VIII Manado, Danguskamla Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P, M.Tr, Danlanud Samratulangi Mdo Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E dan Ketua Umum panitia Manado Fiesta 2019.

Kapal berlayar menuju Pulau Bunaken. Hidangan disajikan di atas geladak KRI Dewaruci. Wali Kota Manado beserta jajarannya sangat bangga bisa berlayar dengan KRI Dewaruci Sang Legenda. Sambil sarapan pagi nasi kuning di Lounge Room Perwira, para peserta Joy Sailing bercerita tentang pengalaman unik masing-masing.

Ketika kapal sudah mendekat Pulau Bunaken, rombongan langsung naik ke geladak dan mengabadikan panorama yang indah. Mereka menyempatkan diri berfoto di atas tiang KRI Dewaruci dengan latar belakang Manadotua dan Pulau Bunaken.

Hastaria mengungkapkan, jika keikutsertaan KRI Dewaruci dalam Manado Fiesta 2019, Pemecahan Rekor Selam Dunia, dan kegiatan lainnya, adalah untuk memenuhi undangan Pemerintah Manado dalam mempromosikan pariwisata di daerah tersebut.

"Pada tahun 2019, Pemerintah Kota Manado bekerja sama dengan TNI AL dengan mengundang beberapa kapal perang untuk turut memeriahkan kegiatan Manado Fiesta ini, termasuk di dalamnya adalah KRI Dewaruci," tutur Mayor Laut (P) Hastaria.

Kembali ke Teluk Manado, Wali Kota Manado menyatakan ke wartawan ucapan terima kasih atas suksesnya rangkaian kegiatan acara Manado Fiesta 2019 dan Guinness World Record yang dilaksanakan di Teluk Manado. Kegiatan selesai dilanjutkan foto bersama dengan prajurit KRI Dewaruci. (dev/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...