Peringati HLUN ke-23, ​Khofifah Bagikan PKH Plus Rp 2 juta ke 50 Ribu Lansia

Peringati HLUN ke-23, ​Khofifah Bagikan PKH Plus Rp 2 juta ke 50 Ribu Lansia Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Bangkalan, Ketua PKK Bangkalan berfoto bersama para Lansia di Pendopo Agung Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tingkat Provinsi Jawa Timur digelar di Pendopo Kabupaten Bangkalan, Selasa (30/07/2019). Acara yang dihadiri 1.000 lansia itu dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Abdul Latif Amin Imron dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Khofifah atas terlaksananya Hari Lanjut Usia Nasional di Kabupaten Bangkalan.

Bagi Bupati Abdul Latif, Hari Lanjut Usia menjadi momentum untuk senantiasa memperhatikan keberadaan para lansia baik terkait kehidupan sehari-harinya, kesehatan, maupun kesejahteraan, sebagai wujud kepedulian, rasa hormat, serta penghargaan kepada para lanjut usia.

Sementara Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa pemberian PKH plus akan mulai dilakukan di tahun 2019 ini. Hal ini merupakan program baru khusus bagi lansia. Bantuan diberikan sebesar Rp 2 juta per tahun dengan ketentuan 4 kali pencairan.

"Pencairan dapat dilakukan di BPD Jatim melalui tabungan bank. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya sunatan bansos sehingga pemilik buku rekening dapat memantau sendiri pengeluaran yang dilakukan," kata Khofifah yang pernah menjabat Menteri Sosial ini.

"Pemprov Jatim untuk tahun 2019 menyediakan 50 ribu penerima PKH plus, sesuai dengan hasil koordinasi sebelumnya dengan Pakde Karwo (Gubernur Soekarwo) untuk dimasukkan ke dalam APDB tahun 2019," tuturnya.

"Kedua, layanan kesehatan bagi lansia dengan memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi lansia yang kurang mampu. Harapan kami dengan program ini, Bangkalan bisa menciptakan kabupaten yang ramah bagi lansia dan mengimbau kepada para kepala daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama agar semakin banyak kabupaten yang ramah bagi lansia dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan budaya lokal," jelas Khofifah.

"Semoga mementum ini dapat menjadi suplemen penyemangat lansia untuk terus berkehidupan yang sehat, semangat dalam berkarya dan sejahtera sekaligus menjadi motivasi dan tauladan bagi kita para generasi muda," pungkasnya.

Peringatan hari lanjut usia nasional dihadiri perwakilan lansia dari kabupaten/kota se-Provinsi Jatim yang ditempatkan di Bangkalan. Rangkaian kegiatan diawali dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan bagi lansia, pemberian obat dan pemeriksaan laboratorium, pemberian bingkisan untuk anak yatim-piatu, pemberian sembako. (ida/uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO