Rabu, 30 September 2020 01:47

Guna Tangani Kekeringan, Bakorwil III Dropping Air ke Masyarakat

Selasa, 23 Juli 2019 21:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
Guna Tangani Kekeringan, Bakorwil III Dropping Air ke Masyarakat
Rapat koordinasi persiapan dan penanganan kekeringan di wilker Bakorwil III, di ruang rapat Arjuna, Kantor Bakorwil III PP Prov. Jatim, Jl. Simpang Ijen 2 Kota Malang, Selasa (23/7).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dua kabupaten di wilayah kerja Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil PP) III Prov. Jatim di Malang, yaitu Kabupaten Blitar dan Kabupaten Pasuruan telah melakukan dropping air bagi masyarakat desa yang terdampak kekeringan pada musim kemarau 2019 ini. Dropping air dilakukan atas permohonan kepala desa setempat yang menilai perlunya bantuan Pemkab untuk penyediaan air betsih bagi warganya.

Hal itu disampaikan Kabakorwil III PP Prov. Jatim, Benny Sampir Wanto, menjawab pertanyaan media usai memimpin rapat koordinasi persiapan dan penanganan kekeringan di wilker Bakorwil III, di ruang rapat Arjuna, Kantor Bakorwil III PP Prov. Jatim, Jl. Simpang Ijen 2 Kota Malang, Selasa (23/7).

Di Kab. Blitar, jelas Benny-sapaan akrabnya, Pemkab setempat pada April sampai Juli ini telah melakukan dropping air ke 6 desa di 4 kecamatan, yaitu di Kec. Wates, Wonotirto, Panggungrejo, dan Binangun.

Sementara itu, di Kab. Pasuruan ada 21 desa di 6 kecamatan yang telah dinyatakan tanggap darurat kekeringan. Di antaranya, lima desa di Kec. Lumbang, lima desa di Kec. Paserpan, dan empat desa di Kec. Lekok.

"Bantuan dropping air dari Pemprov. Jatim dalam proses," ujar mantan Karo Humas dan Protokol Pemprov. Jatim ini, memuji gerak cepat kedua pemkab merespons kekeringan yang terjadi di sebagian wilayahnya.

Untuk di Kab. Malang sendiri telah disiapkan dropping air untuk 19 desa di 9 kecamatan sebagai prediksi kekeringan di wilayah ini pada tahun 2019. Prediksi ini sedikit meningkat dibanding tahun 2018 lalu, yang terjadi kekeringan di 9 desa di 7 kecamatan. "Sebanyak 9 tangki air telah disiapkan untuk distribusi air di desa-desa yang mengalami kekeringan," ujarnya mengutip laporan Kepala BPBD Pemkab Malang, Bambang Istiawan.

Menurut Benny, areal kekeringan ini bisa bertambah karena sesuai prakiraan BMKG, puncak kemarau baru terjadi pada bulan Agustus depan. Oleh karena itu, rakor yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh Pemkab di wilkernya dalam penanganan kekeringan merupakan hal penting.

"Rakor penanganan kekeringan ini sendiri telah dilakukan oleh Bakorwil III PP sebanyak dua kali. Pertama, dengan 9 kabupaten dan kota di wilker III tanggal 3 Juli lalu. Kedua, tanggal 23 Juli hari ini khusus dengan dua kabupaten yang telah terdampak kekeringan dan satu kabupaten potensial terdampak kekeringan," ujarnya.

Hadir dalam rakor hari ini antara lain Kepala BPDB Pemkab. Malang Bambang Istiawan, Kepala BPDB Pemkab. Pasuruan Bekti Jati Permana, Kabid Kedaruratan dan Logistik Pemkab Blitar Suratman, serta perwakilan BPDB Prov Jatim dan DPU Sumber Daya Alam. (thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...