Buka Porsadin IV Jatim, Bupati Trenggalek Arifin Tabuh Bedug

Buka Porsadin IV Jatim, Bupati Trenggalek Arifin Tabuh Bedug Bupati Arifin saat menabuh bedug tanda dibukan Porsadin IV. foto: Herman/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek, Moh. Nur Arifin membuka Porsadin (Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah) IV Provinsi Jawa Timur di pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (19/7) malam. Pembukaan ditandai dengan tabuhan bedug berkali-kali.

Tema Porsadin IV Jatim kali ini ialah "Bersama Madrasah Diniyah Membangun Karakter Bangsa".

Dalam Porsadin IV ada 12 cabang olah raga dan seni yang dilombakan meliputi tahfidz juz 30, MQK safinatunnaja, cerdas cermat, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, MTQ, muratol walimla', kaligrafi, puisi islami, lari sprint, bulu tangkis, dan tenis meja.

Jumlah peserta Porsadin ada 1.862 orang dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sementara jumlah peserta untuk tiap tiap kabupaten kota 49 orang. Porsadin ini akan digelar selama 2 hari.

Ketua FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Provinsi Jawa Timur H. Satuham Akbar mengatakan, jumlah madrasah diniyah di Provinsi Jawa Timur 26 ribu yayasan. Sementara jumlah madrasah diniyah skala nasional 80 ribu yayasan.

Porsadin, kata H. Satuham, digelar setiap 2 tahun sekali. Porsadin pertama digelar di TMII, kedua di Tangerang Jawa Barat, ketiga di Pasuruan Jawa Timur, dan yang keempat di Trenggalek Jawa Timur. Dalam dua periode berturut-turut, yakni edisi 2015 dan 2017 Jawa Timur berhasil menjadi juara umum.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO