Minggu, 15 Desember 2019 02:27

Buka Porsadin IV Jatim, Bupati Trenggalek Arifin Tabuh Bedug

Sabtu, 20 Juli 2019 11:53 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Herman Subagyo
Buka Porsadin IV Jatim, Bupati Trenggalek Arifin Tabuh Bedug
Bupati Arifin saat menabuh bedug tanda dibukan Porsadin IV. foto: Herman/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek, Moh. Nur Arifin membuka Porsadin (Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah) IV Provinsi Jawa Timur di pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (19/7) malam. Pembukaan ditandai dengan tabuhan bedug berkali-kali.

Tema Porsadin IV Jatim kali ini ialah "Bersama Madrasah Diniyah Membangun Karakter Bangsa".

Dalam Porsadin IV ada 12 cabang olah raga dan seni yang dilombakan meliputi tahfidz juz 30, MQK safinatunnaja, cerdas cermat, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, MTQ, muratol walimla', kaligrafi, puisi islami, lari sprint, bulu tangkis, dan tenis meja.

Jumlah peserta Porsadin ada 1.862 orang dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sementara jumlah peserta untuk tiap tiap kabupaten kota 49 orang. Porsadin ini akan digelar selama 2 hari.

Ketua FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Provinsi Jawa Timur H. Satuham Akbar mengatakan, jumlah madrasah diniyah di Provinsi Jawa Timur 26 ribu yayasan. Sementara jumlah madrasah diniyah skala nasional 80 ribu yayasan.

Porsadin, kata H. Satuham, digelar setiap 2 tahun sekali. Porsadin pertama digelar di TMII, kedua di Tangerang Jawa Barat, ketiga di Pasuruan Jawa Timur, dan yang keempat di Trenggalek Jawa Timur. Dalam dua periode berturut-turut, yakni edisi 2015 dan 2017 Jawa Timur berhasil menjadi juara umum.

"Mudah-mudahan di Porsadin keempat ini yang digelar di Trenggalek ini, Jawa Timur mampu meraih juara umum untuk yang ketiga kalinya. Mudah-mudahan," harap Satuham Akbar dalam sambutannya.

"Dan mohon pak Bupati, FKDT di Trenggalek belum memiliki perda, saya mohon pak Bupati agar FKDT di Trenggalek itu ada perdanya," pinta dia.

Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena Trenggalek telah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menggelar Porsadin IV. Dalam kesempatan itu, Arifin juga menanggapi positif terkait usulan adanya Perda FKDT.

"Kalau soal perda FKDT, saya manut saja dengan Ketua DPRD. Monggo segera diinisiatifkan, saya tinggal tanda tangan," kata Arifin dalam sambutannya.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Arifin lantas menabuh bedug sebagai tanda dibukanya Porsadin ke IV di Kabupaten Trenggalek. (man/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...