Kamis, 22 Agustus 2019 19:32

Perwakilan HKTI Pamekasan Dapat 2 Ekor Sapi Belgian Blue dari Presiden Jokowi

Jumat, 19 Juli 2019 20:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Perwakilan HKTI Pamekasan Dapat 2 Ekor Sapi Belgian Blue dari Presiden Jokowi
Masuto Alfianto saat sedang merawat Sapi Belgian Blue di kandangnya, yang baru datang hari Minggu (14/7) lalu.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo memberikan dua ekor sapi Belgian Blue terhadap salah satu anggota perwakilan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang berasal dari Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Bantuan sapi potong berasal dari negara Belgia yang bobotnya bisa mencapai satu ton tersebut diberikan kepada Marsuto Alfianto saat pertemuan dengan pengurus HKTI di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (19/03/2019) yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada beberapa perwakilan pengurus HKTI untuk menyampaikan masukan dan aspirasinya. Tentunya, kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh para pengurus HKTI Pamekasan, termasuk Marsuto Alfianto.

"Ayo silakan, apa keinginannya?," kata Jokowi di depan para peserta.

Alfian, yang juga seorang pengacara di Pulau Nadura tersebut menyampaikan keinginanya untuk mengembangkan Sapi Belgian Blue untuk kepentingan petani Madura, khususnya Pamekasan.

"Permohonan kami bapak Presiden, bagaimana sapi Belgian Blue bisa dikembangkan di Pulau Madura. Kemarin bapak menteri menyampaikan kepada saya bahwa di Kementerian ada bibit Sapi Belgian. Sapi yang sudah ada di Kementerian sebanyak 200 ekor," ujar Alfian.

Mendengar pernyataan Alfian ini, Jokowi tiba-tiba langsung menyanggahnya dengan gurauan.

"Bentar-bentar, ini kok bisa tahu betul ada 200 ekor dari mana ini?," tanya Jokowi kepada Alfian sembari gelak tawa.

Menjawab pertanyaan Jokowi, Alfian menuturkan, "Saya kemarin menyimak betul pernyataan bapak menteri, sehingga saya punya keinginan yang saya catat di kepala. Saya kalau ketemu Presiden, dari HKTI ini minimal Jawa Timur dapat satu Sapi Belgian," pinta Alfian.

"Satu? Iya oke kalau satu saya sanggupi," janji Presiden Jokowi dalam pemberian Sapi Belgian Blue kepada perwakilan petani asal Pulau Garam tersebut.

Namun, ternyata Presiden Jokowi memberikan dua Sapi Belgian kepada HKTI Pamekasan. "Padahal sebelumnya saya minta satu kepada beliau, tapi ini justru diberi dua. Satu kelamin jantan, satunya betina, untuk dikembangkan," ujar Alfian, Jum'at (19/07/19).

Alfian menegaskan, tidak akan mengawinkan Sapi Belgian tersebut dengan sapi Madura. Alasannya, untuk tetap menjaga keaslian dan kemurnian sapi Madura sendiri.

"Sapi Belgian ini juga ada aktenya. Jadi di akte ini jelas keturunannya sapi ini dari keturunan jenis apa. Terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena sudah menepati janjinya. Saya akan berusaha merawat sapi ini sebaik mungkin dan akan saya kembangkan, demi masyarakat Pulau Madura," pungkas Marsuto Alfian. (err/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...