Jadi Ajang Tangkal Produk Impor, Omzet Malang City Expo Diharapkan Tembus Rp 5 Miliar

Jadi Ajang Tangkal Produk Impor, Omzet Malang City Expo Diharapkan Tembus Rp 5 Miliar Deputi Victoria Br. Simanungkalit bersama Wali Kota Malang Sutiaji foto bersama saat berada di stand Disdag Kabupaten Maros. foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Victoria Br. Simanungkalit, M.M. berharap omzet di ajang Malang City Expo (MCE) tahun 2019 tembus Rp 5 miliar. Hal ini disampaikan Victoria Simanungkalit saat membuka dan meresmikan MCE 2019 di halaman luar Stadion Gajayana Malang, Kamis (18/07). MCE sendiri digelar sejak 17 Juli hingga 20 Juli mendatang.

"Kemenkop dan UKM RI terus mendukung, berkomitmen, dan siap memfasilitasi event berkualitas seperti MCE tahun 2019 saat ini. Harapan event ini menjadi wahana peningkatan dan kemajuan, pertumbuhan nilai ekonomi nasional, khususnya ekonomi di daerah," ucap Victoria.

Melalui event UKM seperti ini Victoria berharap nilai ekonomi bangsa Indonesia bisa naik ke angka 7 persen.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji juga berharap penyelenggaran MCE dapat meningkatkan perekonomian Kota Malang. "Buyer (pembeli) bisa kita hadirkan dari nasional dan internasional. Negara Fiji (Samudra Pasifik) dan negara Malaysia, memperluas akses pangsa pasar produk Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, ajang MCE yang digelar setiap tahunnya ini bertujuan menangkal produk luar (impor) masuk ke Indonesia. Sekaligus dalam rangka menjaga ketahanan kebutuhan masyarakat Indonesia tidak ketergantungan import.

"Produk Indonesia yang ada di MCE ini dihasilkan dari UKM yang sudah melewati kurasi. Kualitasnya bisa bersaing secara nasional maupun internasional," bebernya.

Terpisah, Dubes Malaysia Mr. Amirul Azman Ahmad dan Dubes Republik Fiji Mr. Isaac Grace mengaku terpikat dengan gelaran MCE di Kota Malang. Isaac Grace mengaku dirinya tertarik pada bidang kuliner dan furniture.

Demikian halnya Amirul, sangat menikmati dan mengapresiasi ekonomi kreatif bangsa Indonesia. "Salah satunya batubara dan textile yang di eksport ke Malaysia," ujar Amirul, di sela acara MCE. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO