Rabu, 05 Agustus 2020 17:06

Optimalkan Program TMMD, Dandim 0806 Trenggalek Siapkan 150 Personel

Kamis, 11 Juli 2019 23:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Optimalkan Program TMMD, Dandim 0806 Trenggalek Siapkan 150 Personel
Bupati Trenggalek, M Nur Arifin bersama Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto cek lokasi di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Trenggalek. foto: IST/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-105 tahun anggaran 2019 di Kabupaten Trenggalek , Kamis (11/7) dibuka Bupati Trenggalek, M. Nur Arifin yang bertindak sebagai pemimpin upacara di Lapangan Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Bupati Trenggalek dalam kesempatan itu juga sempat menandatangani berita acara Pekerjaan Program Kegiatan TMMD ke-105 di Kabupaten Trenggalek yang kemudian diserahkan kepada Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto.

“TMMD merupakan wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat. Karena itu TNI tidak dapat dipidahkan dari rakyat, yang terjalin sejak jaman perjuangan dalam merebut kemerdekaan," kata Arifin.

Ketika meninjau lokasi perbaikan jalan makadam di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Nur Arifin mengungkapkan memang jalur ini belum pernah tersentuh, hanya jalan makadam. Tapi dengan diperbaiki jalur makadam ini, tentunya ke depan akan menjadi jalur prioritas.

"Karena menghubungkan antara Desa Dompyong dengan Desa Sumurup. Apalgi di desa tersebut adalah penghasil sapi, kopi dan hasil pertanian yang lain. Sedangkan di Desa Sumurup nanti akan ada bendungan berskala nasional. Sehingga itu akan mengkoneksikan, bagaimana pertanian pengairan itu akan jadi satu," terangnya.

"Jadi melalui program TMMD ke 105 ini, maka infrastruktur harus terbangun dulu, supaya dapat meningkatkan ekonomi rakyat di Desa tersebut. Jadi saya sangat berterima kasih kepada pak Dandim, Letkol Inf Dodik Novianto yang setuju jalur ini untuk disurvei tiga tahun yang lalu. Sehingga jalur ini yang harus dibangun terlebih dahulu. Berharap melalui TMMD ini, jalan-jalan yang sudah dibangun itu harus segera terhubung lagi dan dipastikan di perencanaan 2020 nanti selesai," imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 150 personel untuk mengoptimalkan melaksanakan program TMMD ke 105. Untuk sasaran fisik, di antaranya membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas jalan (rabat jalan) ada sekitar 1620 meter, serta renovasi masjid di Desa Dompyong, sekaligus delapan rehab rumah tidak layak huni.

"Sedangkan untuk sasaran nonfisiknya, kita akan memberikan berbagai macam penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba, bencana alam, serta pendidikan, kesehatan yang tergabung menjadi satu rangkaian program TMMD ke 105 ini," katanya.

Selain itu, lanjut Dandim, menjelaskan, bagi anggota yang tergabung satgas TMMD di dalam melaksanakan program ini, akan dicukupi materinya.Selain itu, pihaknya juga mempercayakan masyarakat sekitar juga turutl membantu program pemerintah meningkatkan ekonomi rakyat.

"Dengan begini, bagaimana ke dekatan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat yang ada di desa itu bisa membawa dan membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan," pungkasnya. (dev/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...