Sabtu, 17 April 2021 21:29

Pangdam V/Brawijaya Akhiri Program TMMD 106 di Jawa Timur

Kamis, 31 Oktober 2019 23:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Pangdam V/Brawijaya Akhiri Program TMMD 106 di Jawa Timur

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Hampir 39 tahun berlangsung, berbagai pembangunan hasil program Tentara Manunggal Membangun Desa atau yang biasa dikenal dengan sebutan TMMD (sebelumnya ABRI masuk Desa, red), mulai dirasakan oleh masyarakat.

Bahkan, hingga saat ini, program TMMD ternyata masih sangat dibutuhkan. Pasalnya, sebagian besar dari wilayah Indonesia, merupakan daerah pedesaan yang minim dengan berbagai fasilitas umum.

Demikian dikatakan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B, ketika memimpin berlangsungnya upacara penutupan TMMD di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Kamis (31/10).

“Selama 30 hari, para prajurit bersinergi dan bergotong-royong dengan Pemda, maupun segenap komponen bangsa lainnya. Bahu-membahu menyelesaikan program TMMD ke-106 ini,” kata Pangdam.

BACA JUGA : 

Pastikan Paskah Berjalan Kondusif, Forkopimda Jatim Tinjau Gereja Katedral di Surabaya dan Malang

Kunjungi Islamic Center, Kapolda Jatim: Alhamdulillah, Kongres HMI Selesai dengan Lancar

Silaturahim Dengan Tokoh Lintas Agama di Jatim, Menkopolhukam RI Apresiasi Moderasi Beragama

Gubernur Dampingi Panglima TNI Tinjau Vaksinasi Covid-19 Anggota TNI Malang Raya

Kebersamaan itu, ujar Jenderal bintang dua kelahiran Surabaya ini, merupakan wujud sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemda untuk mempercepat pembangunan di daerah.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara,” ujar Mayjen Wisnoe melalui amanatnya.

Pangdam menilai jika keberhasilan program TMMD saat ini, merupakan suatu hal terpenting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan di tahun-tahun selanjutnya. “Oleh sebab itu, apabila perencanaan, pelaksanaan, dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang benar, selektif, dan akurat di lapangan, maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal,” jelasnya.

Bahkan, sebelum mengakhiri upacara penutupan itu, mantan Danrem 084/Bhaskara Jaya itu juga menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai tindak lanjut dari program TMMD.

Selain memelihara kemanunggalan antara TNI dan rakyat, Mayjen Wisnoe juga mengimbau seluruh pihak untuk merawat Persatuan dan Kesatuan yang selama ini sudah berjalan dengan baik di Jawa Timur.

“Jangan sampai terprovokasi oleh pihak manapun, pelihara terus semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik,” pintanya. “Kepada masyarakat, rawatlah pembangunan fasilitas umum hasil program TMMD ini, agar manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua pihak, khususnya masyarakat,” imbuh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B. (dev/rev)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...