Sabtu, 31 Juli 2021 02:40

Tiga Pilar di Kabupaten Trenggalek Bantu Ratusan Nasi Kotak pada Tukang Becak

Sabtu, 18 April 2020 15:44 WIB
Editor: .
Wartawan: Herman Subagyo
Tiga Pilar di Kabupaten Trenggalek Bantu Ratusan Nasi Kotak pada Tukang Becak
Para tukang becak saat menyantap hidangan nasi kotak dari Pemkab Trenggalek yang dimasak di dapur umum. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya meringankan beban ekonomi bagi para tukang becak di Kabupaten Trenggalek sebagai akibat dari adanya penerapan physical distancing, tiga pilar di Trenggalek membagi-bagikan nasi kotak.

Sebelumnya, Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin mengajak Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto dan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak membuka dapur umum gugus tugas Covid 19 yang di pusatkan di halaman kantor Kecamatan Trenggalek, Sabtu (18/4).

Bupati Arifin dalam keterangannya menyampaikan, dapur umum ini berfungsi untuk menangani dampak ekonomi yang saat ini mulai dirasakan masyarakat kota terutama para tukang becak.

"Sekarang ini kita siagakan di kawasan kota karena di kota sudah mulai ada beberapa sektor yang terdampak yang cukup parah, salah satunya para pengemudi becak. Karena penerapan physical distancing maka orang takut untuk naik becak," kata Arifin.

BACA JUGA : 

Tak Mau Isolasi di Puskesmas, Warga Desa Siki Trenggalek Diminta Bayar Denda Rp 1,3 Juta

Kejari Trenggalek Musnahkan Sejumlah BB Perkara Tindak Pidana Umum

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kejari Trenggalek Beberkan Sejumlah Capaian Kinerja

Dibabat Sabit Rekan Seprofesi, Tukang Becak di Trenggalek Tewas di Tempat

"Jadi dapur umum ini nanti yang akan menyuplai kebutuhan masyarakat tapi kita prioritaskan pada para tukang becak," ujarnya.

Sementara Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto menyampaikan terciptanya dapur umum ini merupakan inisiasi dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin. Selanjutnya, tiga pilar dalam hal ini Pemkab Trenggalek, Dandim 0806 Trenggalek, dan Kapolres Trenggalek yang akan terlibat dalam pengelolaan dapur umum ini.

Dodik menyampaikan selain memberikan bantuan nasi kotak pada para tukang becak, beberapa jam sebelumnya ia bersama Bupati Trenggalek dan Kapolres Trenggalek melakukan pengecekan harga sembako di pasar basah Trenggalek.

Sementara Camat Trenggalek Kiki Wahyu Rezeki mengatakan dapur umum yang disediakan oleh Pemkab Trenggalek ini akan membuat sejumlah 200 nasi kotak tiap harinya, untuk kemudian dibagikan pada seluruh tukang becak yang ada di kawasan kota Trenggalek.

"Jadi tadi sebagian nasi kotak ini telah diberikan secara simbolis oleh Bapak Bupati, Dandim, dan Kapolres kepada puluhan tukang becak. Kemudian sisanya akan kita berikan langsung pada mereka di mana mereka biasanya mangkal," kata Kiki.

Kiki mengatakan, mereka yang terlibat di dapur umum ini meliputi petugas Tagana, petugas dari Dinas Sosial, Satpol PP, Polwan dan para petugas dari Kecamatan Trenggalek. (man)

(Bupati Arifin saat memberikan bantuan nasi kotak pada tukang becak di halaman kantor kecamatan Trenggalek)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...