Sabtu, 15 Mei 2021 14:25

MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu

Selasa, 09 Juli 2019 17:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu
Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori bergandengan tangan dengan ulama' dan Forkopimda Gresik dalam acara silaturrahim yang digelar MUI Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar acara Silaturahim Ulama dan Umara di Aula Masjid Agung Malik Ibrahim Gresik, Selasa (9/7).

Acara yang mengusung tema "Meneguhkan Spirit Islam Wasathiyah dalam Menjaga Harmonisasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" ini dihadiri sejumlah ulama, Forkopimda, Ormas, OKP, Rektor, Ketua Perguruan Tinggi (PT), dan elemen lainnya di Kabupaten Gresik.

Mereka di antaranya Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori, Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq, KH. Robbach Ma'sum, Wabup Moh. Qosim, Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro, dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko.

KH. Mansoer Sodiq dalam sambutannya menjelaskan maksud daripada kegiatan tersebut, yakni untuk mengajak Umara serta seluruh masyarakat agar menjalin ukhuwah, khususnya ukhuwah basyariah. Hal ini penting untuk menurunkan tensi dan kesenjangangan usai momentum Pileg dan Pilpres 2019.

BACA JUGA : 

Tekan Pernikahan Dini, MUI dan PA Gresik Sepakat Bentuk Lembaga Konseling

Sururi Sarankan MUI dan Bupati Gresik Duduk Bareng Bahas Kelonggaran Salat Berjamaah saat PSBB

DPRD Gresik Siap Anggarkan Pembangunan Kantor MUI Rp 7 M

Pengurus MUI Gresik Periode 2019-2024 Dikukuhkan

"MUI mengajak seluruh masyarakat untuk menjalin ukhuwah kembali, momentum Pileg dan Pilres yang lalu biarlah berlalu. Sekarang, mari kita rawat kembali, kita satukan kembali kebersamaan-kebersamaan yang telah renggang ini," ujar Kiai Mansoer.

Wakil Bupati Moh. Qosim mendukung langkah yang dilakukan Kiai Mansoer Shodiq melalui MUI Gresik. Menurutnya, acara seperti ini penting untuk dilaksanakan guna menyatukan masyarakat pasca Pileg dan Pilres lalu. "Saya selaku Umara sangat mengapresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan oleh MUI Gresik. Karena hal ini sangatlah positif," katanya.

Sementara dalam kesempatan itu KH. Abdusshomad banyak memberikan tausiyah tentang pentingnya Islam Wasathiyah. Selanjutnya, acara ditutup dengan Deklarasi Damai oleh jajaran Ulama dan Umara. (hud/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...