Selasa, 21 Januari 2020 11:48

MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu

Selasa, 09 Juli 2019 17:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu
Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori bergandengan tangan dengan ulama' dan Forkopimda Gresik dalam acara silaturrahim yang digelar MUI Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar acara Silaturahim Ulama dan Umara di Aula Masjid Agung Malik Ibrahim Gresik, Selasa (9/7).

Acara yang mengusung tema "Meneguhkan Spirit Islam Wasathiyah dalam Menjaga Harmonisasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" ini dihadiri sejumlah ulama, Forkopimda, Ormas, OKP, Rektor, Ketua Perguruan Tinggi (PT), dan elemen lainnya di Kabupaten Gresik.

Mereka di antaranya Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori, Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq, KH. Robbach Ma'sum, Wabup Moh. Qosim, Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro, dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko.

KH. Mansoer Sodiq dalam sambutannya menjelaskan maksud daripada kegiatan tersebut, yakni untuk mengajak Umara serta seluruh masyarakat agar menjalin ukhuwah, khususnya ukhuwah basyariah. Hal ini penting untuk menurunkan tensi dan kesenjangangan usai momentum Pileg dan Pilpres 2019.

"MUI mengajak seluruh masyarakat untuk menjalin ukhuwah kembali, momentum Pileg dan Pilres yang lalu biarlah berlalu. Sekarang, mari kita rawat kembali, kita satukan kembali kebersamaan-kebersamaan yang telah renggang ini," ujar Kiai Mansoer.

Wakil Bupati Moh. Qosim mendukung langkah yang dilakukan Kiai Mansoer Shodiq melalui MUI Gresik. Menurutnya, acara seperti ini penting untuk dilaksanakan guna menyatukan masyarakat pasca Pileg dan Pilres lalu. "Saya selaku Umara sangat mengapresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan oleh MUI Gresik. Karena hal ini sangatlah positif," katanya.

Sementara dalam kesempatan itu KH. Abdusshomad banyak memberikan tausiyah tentang pentingnya Islam Wasathiyah. Selanjutnya, acara ditutup dengan Deklarasi Damai oleh jajaran Ulama dan Umara. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...