Rabu, 12 Agustus 2020 10:37

TPP Diupayakan Cair Juli ini, Dikbud Pacitan Sarankan Guru Pakai Konten Gratis Milik Kemendikbud

Selasa, 09 Juli 2019 14:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
TPP Diupayakan Cair Juli ini, Dikbud Pacitan Sarankan Guru Pakai Konten Gratis Milik Kemendikbud
Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meski sempat gaduh gara-gara audit BPK, namun pemerintah tetap akan membayar hak tunjangan profesi pendidik (TPP) bagi semua guru. Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jatim wilayah Pacitan Yusuf, mengupayakan agar TPP triwulan ke II tahun anggaran 2019 bagi ratusan guru pendidikan menengah (dikmen) di Pacitan bisa terbayarkan pada Juli ini.

"Kita tetap berupaya agar hak para pendidik tersebut bisa terealisasi sesuai time schedule yang ada, yaitu pada Juli ini," kata Yusuf saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (9/7).

Namun, pejabat eselon III ini menegaskan pihaknya tak bisa memastikan tanggal berapa hak TPP itu bisa dicarikan, karena pembayarannya dilaksanakan serentak di semua kabupaten/kota yang ada di Jatim. "Sistem pembayarannya itu serentak di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Jadi nggak bisa salah satu kabupaten dibayar, sedangkan lainnya belum. Sebab akan menuai protes dari daerah lain yang belum menerima," jelas dia.

Sementara itu saat ditanya soal alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk membayar TPP guru tersebut, Yusuf juga tak bisa memberikan penjelasan. "Cabang dinas itu hanya sebatas mengusulkan berdasarkan data para guru calon penerima TPP. Kalau soal anggaran, itu provinsi yang tahu," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga mengajak para guru SMA dan SMK di Pacitan bisa memanfaatkan konten gratis "Ruang Guru" yang disediakan Kemendikbud secara online. Ruang Guru merupakan fasilitas Bimbel gratis secara online yang bisa melalui situs resmi kemendikbud.

Nantinya, lanjut dia, akan digelar sosialisasi terlebih dahulu cara pemanfaatan konten tersebut, karena berbasis aplikasi.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pacitan Daryono juga mengimbau kepada semua guru pendidikan dasar di Pacitan untuk memanfaatkan fitur tersebut. Menurut dia, konten tersebut bermutu dan bisa dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan siswa didik.

(Daryono)

"Bukannya kami menilai konten yang berbayar tidak bagus atau kurang berkualitas, namun pemerintah telah menyediakan ruang aplikasi gratis, kenapa tidak dimanfaatkan? Tentu isinya jauh lebih berkualitas dan selaras dengan kurikulum yang diterapkan di semua sekolah," kata Daryono di sela-sela mengikuti rapat dinas, Selasa (9/7).

Karena itu, mantan Inspektur Pembantu Inspektorat Pacitan ini mengajak semua insan pendidikan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. "Kalau ada yang gratis dan lebih berkualitas, kenapa harus memanfaatkan yang berbayar? Kami imbau para guru bisa memanfaatkan kesempatan tersebut," tuturnya. (yun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...