Penderita Hepatitis A di Pacitan Tembus 1.052 Orang

Penderita Hepatitis A di Pacitan Tembus 1.052 Orang Kepala Dinkes Pacitan, dr Eko Budiono.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten , dr Eko Budiono memastikan hingga Kamis (4/7) ini, jumlah penderita Hepatitis A sudah tembus di angka 1.052 pasien.

"Kemarin laporan terakhir mencapai 1.021 dan laporan sampai hari ini bertambah menjadi 1.052 orang," kata Eko, Kamis (4/7).

Menurut Eko, bertambahnya jumlah penderita Hepatitis A tersebut bukanlah penularan baru. Namun, itu data penderita yang belum sempat terlaporkan.

"Ibarat pemilu, data pelaporan itu kan nggak serta merta jadi, namun perlu proses. Sama halnya dengan kasus Hepatitis A ini. Jumlah tersebut sebagai manifestasi perkembangan laporan dan bukan kasus penularan baru. Sehingga sampai tanggal 30 Juni lalu, hanya ada penambahan 18 penderita. Hanya saja yang terlaporkan sampai hari ini mencapai 1.052 orang," jelas dia memberi analogi.

"Jumlah tersebut masih sebatas terduga. Kita masih akan melanjutkan pemeriksaan pada tahap invisible atau sampai confirm. Kalau pada tahap confirm, harus kita lakukan cek laboratorium dengan melibatkan Litbangkes," pungkas dia. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO