Minarak Brantas Gas Bina Warga Sekitar dengan Budidaya Lele

Minarak Brantas Gas Bina Warga Sekitar dengan Budidaya Lele Warga membuat kolam lele dengan memanfaatkan terpal.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Minarak Brantas Gas kembali memberikan pembinaan lele kepada warga Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Pembinaan lele ini mendatangkan trainer Jefri Dwi Saputro yang juga pemilik usaha Azzura Farms. Azzura Farms sendiri bergerak di usaha ikan lele dan menyuplai ribuan ekor ikan lele di Sidoarjo setiap bulannya.

Bukan sekadar teori, pembinaan lele juga dilakukan secara praktek dengan memberikan empat kolam lele di desa setempat. Bahkan, Minarak Brantas Gas juga menyediakan delapan ribu ekor bibit lele serta bahan makanan lele untuk satu bulan.

Kolam lele yang diberikan berbahan terpal dan berbentuk bundar berdiameter tiga meter. Kolam terpal memiliki kapasitas tiga ribu hingga empat ribu ekor ikan lele.

Budidaya lele dengan kolam terpal itu membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk panen. Warga sendiri sudah melakukan rapat dan memilih beberapa di antara mereka dipercaya mengelola lele itu.

Sengaja dilakukan pembinaan lele, karena permintaan pasar akan ikan jenis ini masih sangat besar. Kebutuhan masyarakat akan ikan lele cukup tinggi dan masuk ke semua kalangan.

Bahkan di Sidoarjo sendiri masih butuh banyak supplier ikan lele untuk memenuhi permintaan pasar. “Kegiatan ini untuk memberdayakan masyarakat agar nantinya Desa Kedungbanteng bisa menjadi penghasil lele,” kata Jefri, Rabu (26/6).

Bukan sekadar penghasil lele, namun juga bisa menjadi pusat oleh-oleh berbagai macam olahan ikan. Tentunya akan bisa meningkatkan perekonomian warga dan desa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO