Rabu, 18 September 2019 14:54

DPRD Desak Dinkes Segera Sikapi Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan

Senin, 24 Juni 2019 11:11 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
DPRD Desak Dinkes Segera Sikapi Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) segera mengambil langkah tegas terkait mewabahnya penyakit Hepatitis A di wilayah Kecamatan Tulakan, Ngadirojo, dan Sudimoro dalam kurun waktu satu bulan ini.

"Kami imbau segera ada kejelasan, apakah kasus tersebut ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) ataukah tidak," kata Ronny, Senin (24/6).

Ronny juga meminta Dinkes agar segera melakukan langkah koordinasi dengan Pemprov Jatim. "Kalaupun sudah, harus segera ada tindak lanjut untuk menentukan sikap. Sebab harus segera dilakukan pencegahan agar kasus tersebut tidak meluas. Soal langkah pengobatan bagi pasien yang sudah terinfeksi, koordinasikan lebih lanjut dengan rumah sakit," pinta Ronny.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pacitan Wawan Kasiyanto menegaskan, hari ini Dinkes masih menyelesaikan kajian.

"Insyaallah hari ini juga akan segera kami sampaikan ke pemprov. Apakah ditetapkan sebagai KLB atau tidak, nanti bupati yang akan memutuskan setelah ada keputusan dari pemprov," jelasnya.

Dapat diinformasikan, dari hari ke hari, kasus Hepatitis A di Pacitan terus meluas. Pasien yang terinfeksi terus bertambah sejak ditemukan pada 29 Mei lalu. Di antaranya di Desa Sudimoro Kecamatan Sudimoro ditemukan 117 pasien, dan Desa Sukorejo 22 pasien.

Untuk di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo ada 25 pasien, sedangkan di Desa Wonokarto ditemukan 8 pasien dan Desa Tulakan Kecamatan Tulakan ditemukan 7 pasien.

Diperkirakan sampai hari ini, jumlah penderita sudah mencapai sekitar lima ratus orang. Terkait angka pastinya, hingga kini wartawan masih kesulitan mendapatkan data. Kepala Dinkes Pacitan dr. Eko Budiono berulang kali dihubungi via selulernya belum menjawab. (yun/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...