Kamis, 13 Agustus 2020 11:45

DPRD Desak Dinkes Segera Sikapi Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan

Senin, 24 Juni 2019 11:11 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
DPRD Desak Dinkes Segera Sikapi Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) segera mengambil langkah tegas terkait mewabahnya penyakit Hepatitis A di wilayah Kecamatan Tulakan, Ngadirojo, dan Sudimoro dalam kurun waktu satu bulan ini.

"Kami imbau segera ada kejelasan, apakah kasus tersebut ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) ataukah tidak," kata Ronny, Senin (24/6).

Ronny juga meminta Dinkes agar segera melakukan langkah koordinasi dengan Pemprov Jatim. "Kalaupun sudah, harus segera ada tindak lanjut untuk menentukan sikap. Sebab harus segera dilakukan pencegahan agar kasus tersebut tidak meluas. Soal langkah pengobatan bagi pasien yang sudah terinfeksi, koordinasikan lebih lanjut dengan rumah sakit," pinta Ronny.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pacitan Wawan Kasiyanto menegaskan, hari ini Dinkes masih menyelesaikan kajian.

"Insyaallah hari ini juga akan segera kami sampaikan ke pemprov. Apakah ditetapkan sebagai KLB atau tidak, nanti bupati yang akan memutuskan setelah ada keputusan dari pemprov," jelasnya.

Dapat diinformasikan, dari hari ke hari, kasus Hepatitis A di Pacitan terus meluas. Pasien yang terinfeksi terus bertambah sejak ditemukan pada 29 Mei lalu. Di antaranya di Desa Sudimoro Kecamatan Sudimoro ditemukan 117 pasien, dan Desa Sukorejo 22 pasien.

Untuk di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo ada 25 pasien, sedangkan di Desa Wonokarto ditemukan 8 pasien dan Desa Tulakan Kecamatan Tulakan ditemukan 7 pasien.

Diperkirakan sampai hari ini, jumlah penderita sudah mencapai sekitar lima ratus orang. Terkait angka pastinya, hingga kini wartawan masih kesulitan mendapatkan data. Kepala Dinkes Pacitan dr. Eko Budiono berulang kali dihubungi via selulernya belum menjawab. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...